Emak Emak Lansia Semarakkan HUT Ke 77 RI Dengan Sederhana

  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Palangka Raya,  BetangTV News,  – Berbagai kegiatan menyemarakan hari kemerdekaan RI yang ke-77 tahun, dilakukan oleh kalangan masyarakat diberbagai tempat. Salah satunya yang dilakukan oleh emak emak lanjut usia (lansia), di wilayah Pahandut, Panarung, Palangka Raya.
Dengan menggunakan atribut bendera merah putih, berbagai kelucuan dan aktifitas para wanita yang sudah memiliki cucu tersebut tidak sungkan mengikuti arahan melakukan berbagai aksi kegiatan, seperti lomba berjalan, lomba pengucapan hari kemerdekaan RI dan lainya.
Dibimbing oleh pemuda warga Kampung Baru, Jalan Pepaya, Holis Perdana, dimana dirinya yang mengabdikan diri untuk membantu lansia dalam berolahraga setiap dua kali satu minggu itu, memberikan arahan arahan kesehatan.
Sebelum kegiatan, pria yang juga tenaga kesehatan di sebuah penerbangan maskapai dan pelatih senam lansia tersebut, mengecek tensi serta kesehatan awal para puluhan lansia hingga melakukan senam kesehatan bagi lansia, Selasa (18/8/2022).
“Alhamdulillah, kami masih terus dapat mengabdi untuk masyarakat, salah satunnya yang sering kami lakukan bersama ibu ibu lansia di komplek kampung baru, panarung, dan diwilayah pahandut ini, untuk senam sehat dan melakukan berbagai kegiatan. Tujuanya untuk kebersamaan, salah satunya merangkai hari kemerdekaan ini secara sederhana yang mampu dilakukan oleh ibu ibu lansia. Untuk memeriahkan HUT RI ke-77 tahun ini, kami selain senam bersama, juga mengadakan lomba di internal ibu ibu, seperti lomba jalan santai, pengucapan Hut RI dan lainya. Tujuanya, tentu kebersamaan dan mengajak kemauan ibu ibu lansia untuk sehat hingga beraktifitas,” katanya.
Ditambahkan pria yang juga aktif di club sepakbola Persepun FC ini, dirinya iklas membantu para ibu ibu lansia dalam menjaga kesehatan sejak tahun 2017, dimana lokasi jalan Pepaya, didepan rumah kontrakanya digunakan untuk kegiatan tersebut.
“Mungkin karena terpanggil untuk membantu sesama, terutama ibu ibu lansia, sehingga mencoba satu dua orang dahulu, kemudian berkembang dari mulut ke mulut dan banyak yang ikut, dimana ada sekitar 20-30 orang setiap pertemuan senam sehat lansia yang dilaksanakan dua kali seminggu. Tidak dipungut bayaran, kalau ada rejeki kami siapkan vitamin untuk dibagi bagikan setelah mengecek tensi dan senam. Apabila ada yang kurang fit atau berpotensi terserang penyakit, kami sarankan untuk bisa langsung ke dokter atau ke rumah sakit yang diarahkan,” jelasnya.
Meski demikian, lanjut Holis, dirinya kerap juga mendapatkan perhatian dari para ibu ibu lansia, seperti membawakan ikan kering, sayur dan buah.
“Kadang ada yang bawa sayur, buah, ada juga ikan kering di kasihkan. Alhamdulillah, perhatian ibu ibu lansia ini juga kita syukuri. Yang jelas, sejak tahun 2017 kami memulai aktifitas ini, banyak pengalaman dan juga rasa iklas dan sabar yang kami dapatkan menjadi ilmu bermanfaat terutama bagi keluarga kami dan kawan kawan yang membantu, terutama dukungan kawan kawan pemain Persepun FC yang juga kadang kadang membantu kegiatan,” tutup Holis.
Sementara itu, Nenek Diah, mengaku merasa nyaman dan bahagia bisa beraktifitas dan berkumpul dengan sesama lansia terutama dalam menjaga kesehatan, apalagi dirinya baru ikut gabung dalam beberapa bulan terahir.
“Merasa bersyukur saja bisa ikut senam sehat, beraktifitas dan kebersamaan bersama ibu ibu lansia lainya. Setelah kumpul, senam sehat bersama, beraktiftas sebentar, kemudian pulang ke rumah masing masing. Tambah semangat, tambah sehat,” ucapnya. (RED)


  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Periksa Juga

Hadiri Serah Terima Jabatan Plt Direktur RSUD Murjani, Ini Kata Bupati Halikinnor

        Pengunjung : 411 Sampit, Betang.Tv – Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor menghadiri serah terima …