Marboles Kundrat Nahkodai Pemuda Katolik Komac Parenggean 2023-2026

  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Parenggean, Kotim, Betang.Tv,- Sebagai wujud upaya pengembangan kaum muda di lingkungan Gereja Katolik St. Fransiskus Asisi, telah digelar Masa Panerimaan Anggota dan pembentukan kepengurusan Pemuda Katolik Komisariat Anak Cabang (KOMAC) Parenggean.

Kegiatan pembentukan KOMAC Parenggean ini menjadi satu rangkaian acara dengan Masa Penerimaan Anggota (MAPENTA) yang diikuti oleh 43 peserta dari 4 Kecamatan; kecamatan Parenggean, Telaga Antang, Tualan Hulu, dan Antang Kalang. Kegiatan ini terangkum dalam acara Musyawarah Komisariat Anak Cabang (MUSKOMAC) yang berlangsung pada tanggal 22 – 23 Juli 2023 di komplek Pastoran Gereja Katolik St. Fransiskus Asisi – Parenggean.

Dalam forum MUSKOMAC, Marboles Kundrat terpilih sebagai ketua Komisariat Cabang Parenggean untuk periode 2023 – 2026. Marboles terpilih dengan suara bulat dari seluruh peserta MUSKOMAC mengingat figurnya yang dikenal aktif dalam berbagai kegiatan di lingkungan gereja dan juga masyarakat Parenggean. Alumnus SMA Katolik Taruna Jaya – Sampit dan Jurusan Sistem Informasi Universitas Kristen Satyawacana – Salatiga angkatan 2015 ini sehari-harinya bertugas di kantor Kecamatan Parenggean. Untuk melengkapi kepengurusan, tim formatur menetapkan Dwitica Marantika Tarigan sebagai Sekretaris dan Maria Rosadelima Aka sebagai Bendahara Pemuda Katolik KOMAC Parenggean.

Dalam sambutannya setelah terpilih, Marbo – panggilannya sehari-hari – meminta kawan-kawan Pemuda Katolik untuk terus semangat dan aktif untuk berproses. Tak lupa pula ia meminta dukungan dari berbagai pihak agar ke depannya, Pemuda Katolik KOMAC Parenggean mampu berkontribusi secara maksimal bagi Gereja dan masyarakat Parenggean secara umum, sehingga memungkinkan lahirnya kader-kader muda yang bahkan mampu tampil di tingkat nasional.

Pelantikan dan Berkat Perutusan bagi para pengurus KOMAC Parenggean yang baru terbentuk dilaksanakan dalam Misa Minggu tanggal 23 Juli 2023 di Gereja Katolik St. Fransiskus Asisi. Misa pelantikan dan pemberkatan perutusan ini dipimpin oleh Pastor Selfinus Linggi, Pr., didampingi oleh ketua Pemuda Katolik KOMCAB Kotawaringin Timur, Hendra Sia.

Turut hadir pula dalam kegiatan MUSKOMAC ini Bapak Alexius Esliter. Beliau merupakan legislator DPRD Provinsi dan juga mantan Ketua Pemuda Katolik KOMCAB Kotim periode 2016 hingga 2022.

Dalam pesan-pesannya, Bapak Alexius berharap akan muncul kader-kader muda Katolik dari Parenggean yang mampu berkiprah sebagai penerus di kancah politik. Beliau juga mendorong orang-orang muda Katolik Kotim untuk terus berupaya membangun kapasitas diri sehingga siap tampil ketika tiba saatnya.

Rangkaian kegiatan MUSKOMAC di Parenggean ini mengusung konsep kegiatan yang ramah lingkungan. Hal ini merupakan upaya untuk menunjukkan keseriusan Pemuda Katolik dalam menyikapi isu lingkungan hidup. Bentuk nyata yang dilakukan adalah memerangi sampah plastik dengan meniadakan plastik-plastik bungkus dan air minum kemasan. Sebagai gantinya, setiap orang yang terlibat dalam kegiatan ini dibagikan botol air minum (tumbler) yang dapat dicuci dan digunakan berkali-kali. (Rilis_PK)


  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Periksa Juga

Hadiri Serah Terima Jabatan Plt Direktur RSUD Murjani, Ini Kata Bupati Halikinnor

        Pengunjung : 411 Sampit, Betang.Tv – Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor menghadiri serah terima …