Pj Bupati Bartim Lakukan Panen Raya Padi Varitas Zinc Desa Tumpu Ulung

  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Tamiang Layang, Betang.tv, – Pemerintah Kabupaten Barito Timur melakukan panen raya padi varitas zinc di Desa Tumpung Ulung Kecamatan Pematang Karau, Jumat (06/10/2023). Panen raya ini dipimpin langsung oleh Pejabat Bupati Barito Timur.

Indra Gunawan,SE.,M.PA. Panen raya padi varitas nutri zinc ini merupakan salah satu program ketahanan pangan Pemerintah Kabupaten Barito Timur untuk menekan inflasi dan menurunkan angka stunting di Gumi Jari Janang Kalalawah.

Hadir dalam cara tersebut Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Timur Panahan Moetar,SE.,M.Si. Asisten, Staff Ahli Bupati, Anggota DPRD, Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Camat
Pematang Karau, Kepala Desa di wilayah Kecamatan Pematang Karau,Ketua Kelompok Tani Cahaya Abadi,Kepala BPP se- Kabupaten Barito Timur dan masyarakat umum.

Pejabat Bupati Barito Timur Indra Gunawan menyampaikan rasa
bangga kepada para kelompok tani dan petani di Desa Tumpung Ulung Kecamatan Pematang Karau karena sudah melakukan panen raya.

“Banyak di daerah lain dimusim kemarau seperti saat ini kekurangan air, namun disini (di Desa Tumpung Ulung,red) mampu panen raya, begitu juga di daerah yang lain kebakaran disini tidak ada,”jelas Indra Gunawan kepada sejumlah wartawan.

Pj Bupati Bartim ini juga mengatakan, dengan adanya hasil pertanian ini maka tentu akan memacu fasilitasi
atau mendorong pihak Dinas Pertanian dan Ketahanan pangan untuk memberikan sarana prasarana penunjang peningkatan hasil pertanian.
Karena itu Pj.Bupati Bartim meminta kepada para petani agar menjaga kekompakan dan mempertahankan bibit yang bagus dan memelihara irigasi yang sudah ada.

“Kami dari pemerintah
daerah Barito Timur mengucapkan syukur Alhamdulillah kepada
Allah SWT karena bisa menghadiri panen raya ini. Insaallah kami akan kembali lagi kesini untuk melakukan tanam padi bersama.Saya janji akan datang kesini lagi,”ujarnya.

Melalui kesempatan itu Indra Gunawan menjelaskan pentingnya nutrisi dalam makanan dan menjelaskan bahwa padi varietas nutri zinc (yang dipenen) memiliki kandungan gizi yang tinggi dan menjadi harapan bagi masyarakat yang terkendala ekonomi.

Sementara itu,Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Barito Timur, Lurikto,SP.,MM kepada sejumlah wartawan mengatakan panen raya pada hari ini sebanyak 10 hektar dengan
varietas nutri zinc.

Terkait adanya usulan-usulan sarana prasarana pertanian dari para kelompok tani Lurikto menyebutkan akan
menindaklanjutinya dan akan diupayakan.

“Akan kita tindak
lanjuti melalui usulan-usulan,baik itu dari APBD Kabupaten maupun provinsi hingga APBN,” terangnya.

Acara panen raya ini diawali dengan laporan Kepala Dinas Pertanian, Lurikto.
Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Kepala Desa Tumpung Ulung dan Camat Pematang Karau.

Tiba saatnya,acara panen raya ini pun dibuka langsung oleh Penjabat Bupati Barito Timur Indra Gunawan.Pada kesempatan tersebut Kepala Desa Tumpung Ulung dan Camat Pematang Karau memberikan cenderamata kepada Penjabat Bupati Indra Gunawan.Usai acara seremonial rombongan menuju lokasi
panen perdana padi varietas nutri zinc.(Jetry)


  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Periksa Juga

Grand Final Pemilihan Duta Wisata Raden Ninu dan Putri Bunsu Barito Timur 2024

        Pengunjung : 472 Betangtv, Tamiang Layang, – Setelah Melalui proses yang cukup panjang dan …