Pj.Bupati Bartim Ajak Semua Elemen Masyarakat Bekerjasama Mencegah Bencana

  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Betangtv, Tamiang Layang – Pj.Bupati Kabupaten Barito Timur (Bartim),Indra Gunawan berharap kerjasama semua pihak untuk pananggulangan bencana.Hal tersebut disampaikan Indra Gunawan usai menandatangani
perjanjian kerjasama penanggulangan bencana pascabencana dengan pihak ketiga, bertempat di Aula Kantor Bupati Barito Timur Kamis,25 Juli 2024.

Usai melaksanakan kegiatan,Pj.Bupati Bartim saat diwawancarai awak media mengatakan bahwa penanganan risiko bencana terkait dengan kebencanaan dapat diantisipasi terlebih dahulu sebelum terjadi.

“Kita jangan gagap atau gugup pada saat bencana,oleh sebab itu pada saat tidak ada bencana maka kita melakukan secara rasional bagaimana pengurangan risiko bencana.Kalau sudah terjadi bencana kita mempunyai rencana yang baik,”ucap Indra.

Oleh sebab itu,lanjut Indra menjelaskan. Maka pada hari inilah kita tekankan kerja sama penanganan bencana dan nanti kalau kita ada bencana di manapun tidak memandang itu swasta atau perusahaan tidak pandang instansi atau wilayah walaupun dengan Barsel kita tidak menilai wilayah,kalau ada bencana dekat wilayah kita bantu,tutur Indra.

Menurut Indra, kerjasama antar lembaga yang ada di kabupaten Barito Timur ini akan meningkatkan kinerja,kesepahaman terkait dengan penanganan bencana.

Indra juga mengatakan dengan adanya pihak Perusahaan atau lembaga yang lain mempunyai peralatan dan sarana prasarana, maka akan cepat terbantunya penanganan bencana.

Dengan adanya kerjasama yang melibatkan pihak perusahaan terkait penanganan bencana sehingga patut diberikan penghargaan maupun berpartisipasi.

“Perusahaan itu kalau sudah pernah membantu,ya kita kasih Penghargaan. Pemerintah daerah ini bukan hanya meminta tolong,tetapi bagaimana usaha mereka yang sudah membantu kemarin misalnya yang kita ketahui mereka membantu sembako kepada masyarakat kita yang terkena banjir dan lain sebagainya,itulah kita berikan penghargaan,”terang Indra

Adapun kepada perusahaan-perusahaan lain,Indra mengatakan akan di sosialisasikan dan diharapkan juga dapat berpartisipasi dalam terkait dengan bencana ini.Disamping itu,Pj.Bupati menghimbau kepada masyarakat dapat turut berpartisipasi mencegah terjadinya bencana di musim kemarau.

“Kepada masyarakat yang bercocok tanam, yang membersihkan lahannya tolong dibersihkan dengan arit saja atau dicangkul. Disingkirkan jangan dibakar,karena kalau dibakar itu langsung bisa menimbulkan titik api yang hotspot,”harap Indra”.

Dengan adanya kesepakatan bersama inilah yang menjadi landasan penanganan kerja sama dalam penanggulangan bencana khususnya pascabencana
sehingga nantinya diharapkan agar penyelenggaraan dapat dilaksanakan secara
cepat,tepat,terencana, terpadu,terkoordinasi dan menyeluruh.

Kepala Pelaksana (Kalaksa)BPBD Damkar Kabupaten Barito Timur sebagai
penyelenggara kegiatan ini dalam laporannya menyampaikan bahwa
Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini adalah bagian dari Program Kerja Sama
Antar Lembaga dan Kemitraan Dalam Penanggulangan Bencana pascabencana di Kabupaten Barito Timur.Yang dimaksud Penanggulangan bencana saat pascabencana itu sendiri pada dasarnya kegiatan pemulihan yang dilaksanakan setelah bencana, mencakup penanggulangan bencana saat pascabencana,
rehabilitasi dan rekonstruksi.

Untuk melakukan pemulihan-pemulihan tersebut tentu melibatkan pula peran dunia usaha yang pengaturannya sudah diatur
dalam peraturan perundang-undangan.

Setelah penandatanganan,pada acara ini Pj.Bupati Barito Timur juga
menyerahkan piagam penghargaan kepada perusahaan-perusahaan yang telah ikut berperan serta dalam penanggulangan bencana di Kabupaten Barito Timur
selama ini.(Jetry)


  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Periksa Juga

Ruangan Khusus Wanita Kelas III RSUD Tamiang Layang Plafonnya Ambruk

        Pengunjung : 428 Tamiang Layang Betang. Tv– Insiden mengejutkan terjadi di Rumah Sakit Umum …