Respon Positif Pj.Bupati Atas Keluhan Warga Terkait Aktivitas Tambang PT. SLS

  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Betangtv, Tamiang Layang, – Sejak adanya keluhan warga desa Dorong kecamatan Dusun Timur,Kabupaten Barito Timur terkait aktivitas tambang batubara milik Perusahaan Sentosa Laju Sejahtera(SLS) yang mendekati jalan kurang lebih 18 meter, Penjabat(Pj)bupati sikapi permasalahan tersebut.

Bahkan aktivitas tersebut sudah ditanggapi tokoh masyarakat,Kepala desa Dorong,Ketua DPRD Bartim,DLH Bartim, Wakil menteri KLHK hingga di bentuk tim Gabungan penegak hukum(Gakum)dan sikap dari ketua Ormas Fordayak.Namun belum juga ada penyelesaian dan hasil dari pengumpulan data dan keterangan(Pulbaket) yang dilakukan pihak Gakum.

Sudah sebulan lebih keluhan warga belum menemukan jawaban atau titik terang dari pihak perusahaan SLS yang tampak saat ini menutupi pagar seng dipinggir bibir tambang. Adapun sikap dari pemerintah kabupaten yakni Pj.bupati sudah berupaya melakukan koordinasi dengan berbagai pihak.

Saat awak media mewawancarai Pj. Bupati Bartim,Indra Gunawan menyampaikan terimakasih kepada para awak media yang telah menyampaikan informasi atas permasalahan maupun keluhan warga di wilayah yang dipimpinnya.

“Pertama sejak dikeluarkan ada berita tersebut,kami sudah koordinasi antar Forkompinda dan hari pertama berita itu dikeluarkan turun dari Pabung sama reskrim itu adalah hasil dari koordinasi kami dan pak jaksa juga,”ucap Indara.

Lebih lanjut dikatakan Pj.bupati,bahwasanya dengan dasar informasi tersebut kami turun ke lapangan,dan kami ucapkan terima kasih nih dari media sudah menginformasikan sejauh mana proses daripada pertambangan yang ada di kabupaten Barito Timur.

“Jadi tetap semangat saja itu dalam proses kami untuk koordinasi lebih lanjut.Saya pada prinsipnya begini,kita bekerja semuanya satu sama lain tanpa adanya gesekan dan bersinergi,” terang Indra.

Menurutnya, pemerintah,perusahaan dan masyarakat harus berbuat dan dengan tanggung jawab atas segala yang sudah terjadi namun dengan mengutamakan sinergi dan kerjasama yang baik.

“Saya sebagai pimpinan di kabupaten Barito Timur,bahwasanya perlindungan,keamanan dan kesejahteraan masyarakat adalah yang pertama.Kalau bisa dikomunikasikan dan tanpa adanya gesekan itu malah saya teruskan, tanpa adanya apa pertentangan dan satu sama lain,”jelas Indra.

Pria yang saat ini memimpin di bumi yang berjuluk Gumi Jari Janang Kalalawah ini menegaskan agar pihak perusahaan maupun masyarakat bisa menjalin hubungan baik tanpa ada gesekan maupun miss komunikasi.

“Kalau ada komunikasi yang masih belum bagus dan adanya miss komunikasi,maka komunikasi itu hendaknya di fasilitasi. Dan kami disini pemerintah daerah pada prinsipnya memfasilitasi hubungan yang kurang baik,hubungan yang mempunyai komunikasi atau satu sama lain itu aja,dan teman-teman membantu informasi itu semua dan kami ucapkan terimakasih,” pungkasnya.(Jetry)


  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Periksa Juga

Grand Final Pemilihan Duta Wisata Raden Ninu dan Putri Bunsu Barito Timur 2024

        Pengunjung : 473 Betangtv, Tamiang Layang, – Setelah Melalui proses yang cukup panjang dan …