Hari Keempat Kampanye, Pancani Raran Usung Tema Peningkatan Kesejahteraan Petani Karet & Kesejahteraan Keluarga

  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Tamiang Layang, Betang.tv, – Hari keempat masa kampanye, Paslon Bupati dan Wakil Bupati Barito Timur nomor urut 2 Pancani Gandrung dan Raran, menggelar kampanye dialogis bersama Tim pemenangan Pancaran Emas Bartim di Desa Matabu, Kecamatan Dusun Timur, Kamis (3/10/2024).
Di hadapan ratusan massa pendukungnya, Pancani menyampaikan visi dan misi yang digagas bersama Raran serta Tim pemenangan yakni program peningkatan pendapatan masyarakat khususnya yang selama ini bermatapencaharian sebagai petani karet, serta upaya peningkatan kesejahteraan keluarga yang saat ini dinilai masih jauh di bawah standar.


Pada kesempatan dialog, salah seorang warga mengungkapkan kesulitan yang dialami berkaitan dengan pemasaran komoditas karet karena selama ini harga karet disinyalir lebih banyak dipermainkan oknum tengkulak. Sehingga petani terpaksa menjual hasil panennya karena tak memiliki pilihan lain.


Sebagamana janji yang disampaikan berkaitan dengan perhatian terhadap para petani karet, Pancani Gandrung mengungkapkan, “bahwa sebagian besar wilayah Kabupaten Barito Timur cukup subur, sebagai daerah yang memiliki potensi perkebunan karet terbesar di Kalimantan Tengah, yang semestinya terus dikembangkan. Pada kondisi harga karet saat ini yang masih fluktuatif, penanaman tanaman sela di antara karet merupakan pilihan yang tepat dan sangat menguntungkan, terutama dalam rangka meningkatkan produktivitas lahan dan pendapatan tambahan bagi petani, “ucapnya.

Beberapa upaya telah dilakukan Pemerintah untuk mengatasi harga karet yang rendah, diantaranya : 1). Meningkatkan konsumsi karet alam dalam negeri; 2). Mendorong petani untuk menanam tanaman sela di antara karet; dan 3). Meningkatkan kualitas dan memperbaiki rantai pemasaran karet.
Sementara itu terkait dengan upaya peningkatan kesejahteraan keluarga, Pancani Raran berjanji jika nantinya terpilih sebagai Kepala Daerah di Kabupaten Barito Timur, akan memperhatikan potensi UMKM di daerah ini. Mengingat peran UMKM mampu mendorong percepatan peningkatan ekonomi warga. Kemudian dalam target prioritas lainnya, Pancaran memiliki satu program yang perlu diwujudkan adalah pengentasan kemiskinan, dengan merealisasikan program unggulan yakni bedah rumah tidak layak huni khususnya bagi warga tidak mampu.
Pada kesempatan ini, lagi-lagi Tim Pemenangan Pancaran yang terdiri dari Koalisi Partai Pengusung PSI, Demokrat, Hanura dan PKN terus mengingatkan massa pendukungnya agar tidak keliru melakukan pencoblosan surat suara di TPS pada Pilkada Serentak tanggal 27 November yang akan datang, dengan menggelar simulasi pencoblosan surat suara. (red)

 

 

 


  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Periksa Juga

Penyampaian Visi Misi Paslon ARAH Hari Kedua Kampanye Dialogis Dipenuhi Ratusan Warga Desa Matabu

        Pengunjung : 406 Tamiang Layang, Betang Tv– Hari kedua Pasangan calon (Paslon) Bupati Dan …