Walikota Hadiri Semarak HUT Ke -78 RI Bersama KWD Dusmala Kota Palangka Raya

  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Palangka Raya, Betang.Tv ,- Menyambut dan memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke – 78 Republik Indonesia, beragam aktivitas lomba dan kegiatan sosial mulai dijalankan oleh warga di Kota Palangka Raya.

Hari ini, Minggu (13/08/2023), di Kawasan Sekretariat di Jalan Kenari II, Kelurahan  Palangka, Kota Palangka Raya,  Kerukunan  Warga Dayak Dusun Ma’anyan Dan Lawangan (KWD-DUSMALA) Kota Palangka Raya, salah satu organisasi  kemasyarakatan Etnis Dayak terbesar di daerah ini, turut serta memeriahkan Hari Kemerdekaan RI tahun 2023 dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan lomba bersifat tradisional.

Beragam jenis perlombaan ketangkasan yang cukup populer di masyarakat diantaranya makan kerupuk sambil menari, memasukan paku dalam botol, catur, kartu remi dan gaplek,  lomba memasak kuliner melamang. Sementara  jenis perlombaan lainnya yang cukup populer dan unik di kalangan Warga    Dusmala Kota ini, antara lain  Ikeneh (pesan betantai), napen punsi berpasangan, tanuhui, lomba menangkap anak babi serta kejuaraan menembak menggunakan senapan angin.

Satu kebanggaan  bagi Warga Dusmala, bahwa seluruh kegiatan lomba semarak 78 Tahun RI ini dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Walikota Palangka Raya,  Fairid Naparin didampingi Ketua Umum KWD Dusmala Kota Palangka Raya,  Adv.Bias Layar, SH, MH.

Dalam sambutan, Walikota Fairid Naparin mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih atas partisipasi dan dukungan warga Dusmala sebagai  bagian dari Warga Kota Palangka Raya ini dalam memeriahkan peringatan Kemerdekaan ke-78 RI.

“Acara ini tidak hanya memperkuat rasa persatuan dan kesatuan, tetapi saya berharap dapat menghidupkan kembali kearifan lokal dan nilai-nilai budaya yang menjadi identitas daerah,”

Dia mengajak warga Dusmala bersama kerukunan warga lainnya yang ada di Palangka Raya,  bahu membahu dan saling bekerja sama guna membangun daerah ini sehingga kesejahteraan dapat dirasakan oleh segenap warga masyarakat.

Dia berharap momen seperti ini membawa berkah menjadikan pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat untuk ekonomi Kota Palangka Raya.  Semoga ini awal kebangkitan lebih kuat dan pemulihan lebih cepat untuk ekonomi Kota kita”, ucap Walikota.

Ketua Umum KWD Dusmala Kota Palangka Raya ADV. Bias Layar, dalam laporannya, menjelaskan tujuan dari perayaan ini selain ajang  silaturahmi, juga untuk mempererat persaudaraan dan kekompakan antara warga.

“Selain mempererat kebersamaan dan kekeluargaan, melalui kegiatan ini kita sebagai warga negara yang memiliki kepribadian dan semangat    nasionalisme, kita tunjukan lewat semarak  menyambut HUT Kemerdekaan untuk menghormati perjuangan jasa para pahlawan. Nah, itu kita tunjukan melalui semangat kegiatan seperti ini”, pungkas Bias Layar.

Sementara Sekretaris Umum KWD Dusmala Kota Palangka Raya,  Harry Arayanto menyatakan kebanggaan dan bergembira atas diselenggarakannya kegiatan ini. Dia menyambut baik dan antusias dengan kegiatan ini. “Kegiatan lomba ketangkasan ini merupakan  wadah khususnya bagi Warga Dusmala untuk membangun kekompakan dan kerukunan di antara warga. Momen yang telah dinantikan  oleh semua warga, dari anak hingga orang tua, dan semua turut bergembira,” Selain kegiatan lomba, Panitia pelaksana juga menggelar kegiatan kemanusiaan yakni donor darah, bekerja sama dengan PMI Daerah Kota Palangka Raya”, ucapnya. (RED)


  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Periksa Juga

Upaya Pengendalian Inflasi, Pemko Palangka Raya Laksanakan Kunjungan Kerja di Kalimantan Selatan

        Pengunjung : 388 Sumber Foto : Prokom Palangka Raya Palangka Raya, Betang.Tv – Pemerintah …