Gubernur Kalteng, Kapolda, Danrem Cek 3 Lokasi Food Estate

  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Palangka Raya, BetangTv News – Dalam kunjungan akhir, Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran melakukan ke Kabupaten Gunung Mas, setelah dari Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas, Selasa (2/2/2021).

Kunjungan kerja (kunker) Gubernur di Kabupaten Gunung Mas dalam rangka meninjau kawasan Food Estate di Desa Tewei Baru, Kecamatan Sepang Kabupaten Gunung Mas.

Atau lokasi penyangga food estate yang dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo melalui Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto telah mempercayakan menyiapkan ketahanan pangan komoditi singkong di Kabupaten Gunung Mas untuk mendukung program Food Estate nantinya.

“Presiden mempercayakan kepada Kalimantan Tengah sebagai lumbung pangan nasional, yakni protek strategis nasional food estate. Termasuk juga di wilayah Kabupaten Gunung Mas ini, dimana komiditi singkong dan lainya yang dicanangkan,” kata Gubernur Sugianto Sabran.

Didampingi Danrem, Kapolda dan Kadis Kehutanan dan Bupati Gumas, Gubernur Sugianto menyampaikan saat mengunjungi proyek percontohan food estate di beberapa titik, diantaranya di Desa Belanti Siam Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, Desa Terusan, Kecamatan Bataguh dan Desa Bentuk Jaya A5, Kecamatan Dadahup Kabupaten Kapuas mengatakan bahwa pembangunan dan pengembangan food estate di wilayah tersebut berjalan dengan baik dan tidak ada masalah bahkan di Desa Belanti Siam sendiri, tanaman padi sudah bisa dipanen pada minggu ketiga di Bulan Februari 2021 ini.

“Alhamdulilah berbagai isu yang kurang bagus di media-media online tersebut tidak benar, setelah kami melihat secara langsung. Mengecek dan diskusi bersama dengan petani,” kata Sugianto.

Gubernur dan Forkopimda juga selain mengundang Mentri juga Presiden RI Joko Widodo untuk panen perdana di Desa Terusan, Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas, untuk melihat langsung hasil panen padi masyarakat pertanian di wilayah Food Estate.

Kegiatan kunjungan itu juga dihadiri oleh Camat Sepang, Gunung Mas, Sayusdi yang ada di lokasi tersebut.

Sayusdi menjelaksan bahwa lahan singkong yang sudah siap ditananm di Kabupaten Gunung Mas yakni selus 537 Hektar.

“Wilayah food estate yang sudah dipersiapkan sebesar 537 hektar. Harapan kami food Elestate di Kabupaten Gunung Mas dapat berjalan dengan baik dan juga masyarakat setempat dapat ikut berpartisipasi mensukseskan program food estate dari nasional ini. Termasuk infrastruktur, lapangan pekerjaan dan pertumbuhan perekonomian di wilayah Gumas dan Kalteng,” kata Sayudi.

“Harapan kami dengan adanya program food estate, berdampak besar bagi kami, pembangunan infrastruktur, lapangan kerja, dan pertumbuhan ekonomi. Dengan harapan proyek ini bisa berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan terutama untuk masyarakat lokal bisa ikut berpartisipasi dalam mengelola kegiatan proyek ini sehingga apa yang diharapkan terutama oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Gunung Mas bisa terwujud khususnya untuk penyiapan ketahanan pangan,” tambah Sayusdi.(Red)


  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Periksa Juga

Uskup hadiri perayaan Nataru Dekenat Palangka Raya

        Pengunjung : 805 Palangka Raya,  BetangTV News, – Di penghujung masa Natal sebagaimana kalender …