8 DPC KSBN Kabupaten/Kota di Kalteng Dilantik

  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Palangka Raya, BetangTv News – Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar pelantikan Dewan Pengurus Cabang (DPC) tingkat Kabupaten dan Kota masa bakti 2020 – 2025 yang dirangkai dengan rapat kerja daerah di Gedung Christian Golden Center, Kota Palangka Raya, Kamis(26/11/2020).

Kegiatan pelantikan DPC KSBN tingkat kabupaten dan kota ini dihadiri langsung oleh Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) KSBN Kalteng Ir Elissae Lambung MA serta Ketua Umum KSBN Mayjen TNI (Purn) Hendardji Soepandji yang dilakukan secara daring.

Turut hadir pula pada kegiatan tersebut perwakilan dari delapan DPC yang dilantik, diantaranya Kabupaten Barito Selatan, Barito Timur, Gunung Mas, Kotawaringin Barat, Pulang Pisau, Murung Raya, Lamandau, serta Kota Palangka Raya.

Dalam sambutannya, Ellisae mengucapkan selamat atas dilantiknya delapan DPC KSBN Kabupaten dan Kota.

 

“Dengan dilantiknya dewan pengurus cabang ini, saya berharap ke depannya dapat membawa KSBN lebih baik dan lebih berjaya lagi,” ucap Ellissae.

Sebagai organisasi nirlaba di bidang seni dan budaya yang salah satu misi KSBN untuk memperkenalkan seni dan budaya Indonesia di forum nasional dan internasionl bertujuan mewujudkan peningkatan budaya bangsa Indonesia KSBN menjadi strategis untuk kreativitas seni dan budaya di Indonesia.

“Tujuan dari komite seni dan budaya ini adalah melestarikan dan mengembangkan seni budaya tradisional nusantara dan membangun persatuan dan kesatuan serta membangun persatuan dan kesatuan komunitas seni budaya di indonesia,” tukasnya.

Sementara itu, Aini, staf Kepresidenan di bidang Budaya yang turut hadir pada kegiatan pelantikan DPC KSBN itu mengatakan, pada dasarnya kemajuan kebudayaan adalah bagaimana kebudayaan dapat hidup di tengah masyarakat, baik di pedalaman, kampung, serta kota besar.

“Budaya sebagai identitas kebangsaan yang merupakan tanggung jawab kita bersama, tugas KSBN ialah mengupayakan aktivitas kegiatan kebudayaan yang tidak hanya bisa dinikmati orang kota tetapi sampai ke pelosok pedalaman. Karena produk kebudayaan sesungguhnya dilahirkan dari lapisan masyarakat bawah, sehingga seluruh lapisan masyarakat mempunyai kapasitas memproduksi produk kebudayaan,” jelasnya.

Kemudian, amanat Plt Gubernur Kalteng, Habib Ismail Bin Yahya yang dibacakan oleh Staf ahli Gubernur Yuas Elko mengatakan, dengan dilantiknya DPC KSBN dapat menyumbangkan banyak pemikiran serta karya nyata demi kemajuan seni budaya serta pariwisata di Kalteng serta dapat lebih menciptakan terobosan baru di bidang pariwisata di masing-masing daerah di Bumi Kalimantan.

Selanjutnya, Hendardji Soepandji mengapresiasi kemajuan bagi seni budaya nusantara di Bumi Tambun Bungai tersebut.

“Saya mengapresiasi kemajuan seni budaya nusantara di Kalimantan Tengah, dan saya juga melihat bahwa Kalimantan Tengah punya kekayaan alam yang luar biasa serta aspek budaya untuk acara-acara bertaraf internasional,” tutupnya.

Dalam kegiatan pelantikan ini juga dipamerkan sejumlah produk hasil olahan kreasi tangan dari masyarakat seperti tas rambat rotan, aneka perhiasan dan aksesoris manik dari manas dan lilis lamiang serta aneka olahan makanan rumahan yang diproduksi secara mandiri skala kecil menengah.(Red)

 


  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Periksa Juga

Sinergi Bangun Negeri, Kodam XII/Tpr Gelar TMMD ke-112

        Pengunjung : 64 Kubu Raya, BetangTv News – Sinergi dengan Pemerintah Daerah serta komponen …