Forum Wartawan Bartim, Ancam Demo Di DPRD Dan Kantor Bupati.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Betangtv, Tamiang Layang– Dua puluhan Wartawan yang bertugas di Kabupaten Barito Timur yang tergabung dalam Forum Wartawan Barito Timur (Bartim), mengancam akan melakukan aksi demo damai jilid dua terkait polemik adanya tiga oknum wartawan yang memonopoli Anggaran Biaya Tambahan (ABT) 2024 sebesar Rp 400 Juta. Namun sebelum melakukan aksi, Forum Wartawan Barito Timur terlebih dahulu secara resmi bersurat kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Barito Timur pada Jumat, 27 September 2024.

Hal itu dilakukan karena dipicu atas adanya polemik yang berkembang terkait dugaan adanya kontrak ABT tahun 2024 yang di monopoli oleh tiga oknum wartawan yakni Klik barito, Ayo Kalteng (ka biro wartawan Kalteng Pos) dan Jurnalis Pos.

Koordinator Forum Wartawan Barito Timur, Yulius Yartono dalam keterangannya mengungkapkan surat yang dilayangkan Forum Wartawan menyampaikan kekhawatirannya terhadap indikasi adanya ketidak profesionalan dan penyalahgunaan kewenangan oleh penjabat Bupati Bartim terkait pengelolaan ABT sebesar Rp 400 juta yang hanya diberikan kepada tiga media tertentu (Klik barito, Ayo Kalteng, dan Jurnalis Pos).

Yulius mengatakan bahwa tindakan ini tidak hanya mencoreng nama baik profesi wartawan, tetapi juga berpotensi merusak hubungan antara media dan pemerintah daerah yang selama ini terjalin dengan baik.

“Kami merasa perlu menyampaikan surat resmi ini sebagai bentuk kepedulian terhadap marwah profesi wartawan yang harus dijaga dengan baik. Keterlibatan oknum wartawan dalam polemik kontrak ABT 2024 ini sangat disayangkan karena berpotensi menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap dunia pers,”ujar Yulius selaku Koordinator Forum Wartawan Bartim dalam keterangan tertulisnya.

Menurutnya, dana ABT tersebut, seharusnya dikelola secara adil, transparan dan profesional, dengan mengedepankan etika jurnalistik serta mematuhi peraturan yang berlaku. Forum Wartawan juga meminta agar Pemkab Barito Timur dan DPRD segera menindaklanjuti permasalahan ini.

“Oleh karena itu, dari forum Wartawan Barito Timur telah menyampaikan pernyataan sikap kepada Pemkab dan DPRD sebagai berikut:

“Kami minta kepada Pj Bupati Bartim agar melakukan pergantian kepala DiskominfoSantik dan kepala bidangnya yang bisa bekerja profesional dan berlaku adil. Selain itu kami dari Forum Wartawan Bartim meminta agar kontrak kerja sama Adventorial bagi 4 (empat) media yakni Klikbarito, Ayo Kalteng, Kalteng Pos dan Jurnalis Pos di tiadakan,” tegas Yulius.”

Selain itu, dalam Surat tersebut juga, kami meminta agar ke depannya, pengelolaan kontrak advertorial antara media dan pemerintah dilakukan dengan lebih selektif dan terbuka, guna menghindari praktik-praktik yang bisa mencederai prinsip independensi pers. Forum Wartawan berharap, permasalahan ini dapat diselesaikan secara baik tanpa mengorbankan kredibilitas profesi wartawan.(Jetry)


  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Periksa Juga

Sasaran Fisik dan Non Fisik Program TMMD Ke-122 Kodim 1012/Buntok di Barito Timur

        Pengunjung : 371 Betangtv,Tamiang Layang – Sasaran Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-122 …