Gubernur Basah-basahan Pantau Kondisi Warga Terdampak Banjir

  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Palangka Raya, Betangtv News  – Tingginya debit air tidak menyurutkan semangat Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada warga terdampak banjir.

Sugianto ditemani istrinya, Ivo Sugianto Sabran serta Komandan Komando Resort Militer (Dandrem) 102 Panju Panjung Brigadir Jendral TNI Yudianto Putrajaya, ia melihat secara langsung kondisi korban banjir di Kota Palangka Raya.

Turut hadir juga Wakil Gubernur H. Edy Pratowo, Sekda Nuryakin dan sejumlah Kepala Dinas, untuk melihat secara langsung kondisi untuk dapat memberikan pelayanan dan bantuan.

Sugianto Sabran dan rombongan mendatangi satu persatu rumah-rumah warga sambil menyapa dan memberikan dorongan semangat.

“Tadi kami ke Mendawai sembari menyerahkan bantuan sembako untuk wilayah Mendawai dan sekitarnya. Setelah berbincang dan melihat kondisi warga secara langsung kami ke wilayah Pelabuhan Rambang, memyalurkan dua truk beras untuk  membantu dapur umum dan lainya untuk warga, dan sekitarnya. Tolong pa Lurah, pa Camat untuk dapat mentata penyaluran posko posko agar warga dapat terlayani,” kata Sugianto Sabran saat menyambangi warga di tenda pengungsian, di Pelabuhan Rambang, Sabtu (20/11/2021), sore.

Dalam kunjungannya itu, Gubernur memberikan semangat dan dukungan moril kepada seluruh warga terdampak banjir yang ada di tempat-tempat pengungsian. Ia berpesan, kepada seluruh warga untuk dapat menyikapi musibah yang kerap terjadi pada musim penghujan tersebut dengan sabar.

“Kita harus berdoa kepada Tuhan yang maha kuasa agar bencana banjir ini segera selesai, air segera surut, dan bapak ibu semua dapat kembali kerumahnya masing-masing,” ucapnya.

Sugianto Sabran menjelaskan, pihaknya telah meminta kepada para pemerintah daerah dan satuan organisasi perangkat daerah setempat untuk segera menyiapkan dapur umum di tempat-tempat pengungsian. Selain itu, Gubernur juga telah menginstruksikan kepada pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Doris Sylvanus Palangka Raya, untuk dapat melakukan jemput bola terhadap korban banjir yang dalam kondisi sakit.

Menurutnya, dalam kondisi darurat seperti sekarang ini kebutuhan pangan dan kesehatan masyarakat harus tetap menjadi prioritas bupati ataupun wali kota yang wilayahnya terdampak bencana.

“Kita melihat kondisi warga yang sakit, langsung dibawa ke RS Doris untuk penanganan, kemudian tim kesehatan juga dilapangan untuk memberikan bantuan pelayanan kesehatan. Kami Pemprov Kalteng terus berupaya untuk membantu warga secara bertahap, dan juga membantu daerah dalm upaya penanganan,” kata Sugianto.

Gubernur, Wakil Gubernur, Danrem, Sekda kemudian berjalan kaki melihat kondisi warga di Komplek Rindang Banua.

Di komplek Puntun dalam itu, sembari mengitari air  yang sampai ke lutut itu, Gubernur dan Wagub menyerap aspirasi warga dimana menyampaikan membuat dapur umum dadakan dan memerlukan bantuan keperluan dapur.

“Kami mendengar keluhan warga, kemudian mengirimkan sembako hingga genjet  untuk penerangan, kemudian makanan ringan dan lainya. Kami juga meminta warga untuk bersabar menghadapi musibah, serta mempercayakan kepada pemerintah dalam upaya penanganan,” ucap Sugianto.

Gubernur dan rombongan juga menyempatkan melaksanakan Salat Magrib berjamaah dengan warga, kemudian berjalan mengitari air yang cukup dalam hingga kembali balik memantau kondisi banjir wilayah lainya, hingga rapat internal. ***red


  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Periksa Juga

Eratkan Silaturahmi Kapolda Kalteng Sambangi DAD

        Pengunjung : 39 Palangka Raya, BetangTv News – Sebagai langkah menjalin dan mempererat silahturahmi …