Palangka Raya (Antaranews Kalteng) – Wakil Ketua Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Palangka Raya, Subandi meminta Dinas Sosial meningkatkan kualitas pendataan warga kurang mampu di kota setempat.

“Di tengah reses hari ini kami mendapati ibu-ibu, warga yang kurang mampu berobat secara mandiri karena belum masuk program BPJS Kesehatan yang dibiayai pemerintah kota. Untuk itu perlu ada peningkatan kualitas pendataan warga kurang mampu,” katanya di Palangka Raya, Jumat.

Dia mengatakan, warga kurang mampu tersebut berprofesi sebagai ibu rumah tangga, sementara suaminya hanya bekerja sebagai penjual ketoprak menggunakan gerobak.

Politisi Golkar itu menerangkan, warga kurang mampu yang berobat secara mandiri sebagai bukti belum maksimalnya pendataan yang dilakukan.

“Kualitas pendataan ini juga berpengaruh terhadap kualitas dan program layanan pemerintah terhadap masyarakat. Penyusunan data, sebagai dasar pembuat kebijakan harus sahih agar program pemerintah tepat sasaran,” katanya.

Pernyataan itu diungkapkan Subandi saat dikonfirmasi terkait Reses Komisi C DPRD Kota Palangka Raya saat memantau pembangunan gedung puskesmas dan pelayanan di salah satu puskesmas di Palangka Raya.

Dalam Reses tersebut, selain Subandi juga ada Ketua Komisi C DPRD Kota, Mukarramah dan Sekretaris Komisi C Rusdiansyah. Turut mendampingi beberapa pejabat Dinas Kesehatan kota setempat.

“Untuk puskesmas yang layanannya dipindahkan sementara karena gedung lama dibangun tidak ada masalah. Tidak ada kendala dan semua berjalan lancar. Kami berharap saat pembangunan selesai pelayanannya pun ditingkatkan,” katanya.