DPRD Bartim Gelar Rapat Paripurna Penutupan Masa Sidang III dan Pembukaan Masa Sidang I Tahun Sidang 2021

  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Tamiang Layang, BetangTv News – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Timur (Bartim) Provinsi Kalimantan Tengah, gelar Rapat Paripurna Penutupan Masa Sidang III dan Pembukaan Masa Sidang I Tahun Sidang 2021, di gedung DPRD Bartim, Jumat (17/9/2021).

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Ketua II DPRD Bartim, Depe, SE, bersama anggota Dewan dan pihak eksekutif Pemerintah kabupaten Barito Timur yang dihadiri oleh Wakil Bupati (Wabub) Bartim, Habib Said Abdul Saleh beserta jajaran dan beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait yang mengikuti jadwal rapat tersebut.

Sidang yang dilaksanakan dibuka secara resmi oleh pimpinan Sidang, Depe, SE, dan kemudian selaku pihak eksekutif yakni Bupati Bartim, Ampera AY Mebas, SE.,MM, yang dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Bartim, Habib Said Abdul Saleh, menyampaikan dalam sambutanya.

Dalam rangka mengikuti Rapat Paripurna pada Penutupan Masa Sidang III dan Pembukaan Masa Sidang I Tahun Sidang 2021 DPRD Kabupaten Barito Timur yang ditujukan kepada Ketua, Wakil Ketua dan Anggota Dewan, terlebih dahulu pihak Pemerintah mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerjasama yang terjalin dengan baik dan harmonis selama ini dan kedepan, sebagai mitra kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Timur.

“Semoga akan semakin arif bijaksana dalam pembahasan program dan kegiatan yang berfokus pada pembangunan daerah maupun penyelenggaraan Pemerintah Daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan dan pelaksanaan penyelenggaraan pemerintah yang nyata dan bertanggungjawab untuk terwujudnya pelaksanaan otonomi daerah yang sejalan dengan upaya menciptakan pemerintahan yang amanah, bersih, berwibawa dengan berorientasi pada ekonomi kerakyatan,” sebut Wakil Bupati.

Ditengah Pandemi Covid-19 yang melanda pada saat ini, Pemerintah Kabupaten Barito Timur telah berupaya untuk bekerja optimal dalam menyelesaikan tugas-tugas dalam situasi pandemi Covid-19 agar Pelaksanaan Program Prioritas Tahun 2021, capaian realisasi anggaran kegiatan Tahun 2021 dapat mencapai target yang telah ditetapkan.

Lebih lanjut dikatan Wakil Bupati bahwa dalam melaksanakan APBD Tahun Anggaran 2021, Pemerintah telah mengantisipasi pelaksanaan program kegiatan yang dilaksanakan dalam situasi kinerja program-program pemerintah dapat lebih efektif dirasakan manfaat dan dampaknya bagi masyarakat.

Orang nomor Dua di Gumi Jari Janang Lalalawah ini juga menyebutkan terkait pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021, juga mengalami refocusing dan penghematan belanja pada OPD, khususnya untuk memenuhi kebutuhan APBD dalam penanganan Vaksin. Pemerintah dalam melakukan refocusing juga telah mengantisipasi perkembangan terakhir dalam penanganan Pandemi Covid-19 dan dampaknya kebutuhan pemulihan sosial dan ekonomi, keberlanjutan program prioritas serta mempercepat pemulihan pertumbuhan ekonomi yang masih menjadi prioritas pada Tahun anggaran 2021 ini.

“Mengenai pelaksanaan terhadap vaksinasi Covid-19, terus dilakukan pengawasan agar dapat berjalan tepat manfaat dan tepat sasaran, kemudian langkah cepat Pemerintah dalam menyediakan vaksin Covid-19 bagi masyarakat sebagai salah satu upaya untuk menangani Pandemi Covid-19. Selain itu, diharapkan terus melakukan edukasi dan sosialisasi terkait vaksin Covid-19, serta terus memastikan bahwa vaksin yang digunakan aman, dan bermanfaat bagi masyarakat,” jelas Wabub..

Mewakili Pemerintahan, Wabub mengharapkan Pemberian Vaksin Covid-19 memberikan harapan bagi kita semua, agar kondisi Pandemi Covid-19 dapat segera berlalu. Akan tetapi kondisi saat ini memperlihatkan bahwa ketidakpastian dari situasi Pandemi Covid-19 masih akan berlanjut. Oleh karena itu, diperlukan perhatian dan komitmen Pemerintah Daerah dan DPRD Kabupaten Barito Timur agar melalui fungsi Penyusunan kebijakan, anggaran, dan pengawasan, untuk dapat terus mengoptimalkan upaya, kebijakan, dan program Pemerintah dalam membangun daya tahan nasional baik di bidang kesehatan, ekonomi, maupun sosial dalam menghadapi Pandemi Covid-19.

“Saya atas nama Pemerintah Daerah memberikan apresiasi kepada semua yang telah bekerja keras, berupaya dan menjalankan tugas dalam situasi Pandemi Covid-19, untuk bersama-sama dengan seluruh elemen bergotong royong, kerja bersama agar dapat menyelamatkan dan memulihkan masyarakat dari Pandemi Covid-19 dan dampaknya. Kita telah melewati berbagai agenda kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dengan Legislatif dan Eksekutif dan ini merupakan salah satu bukti nyata dari kerja sama yang terjalin dengan baik dan kondusif selama ini, dimana antara DPRD Kabupaten Barito Timur dan Pemerintah Daerah,” harapnya.

Dalam memasuki masa sidang I ke depan ini sudah barang tentu ada banyak agenda-agenda kegiatan penting yang harus kita bahas dan selesaikan bersama yang sudah barang tentu pula membutuhkan kesiapan pemikiran, kesiapan fisik dan mental serta akan banyak menyita waktu.

“Kami selaku Pemerintah Daerah berpendapat, bahwa apa yang kita agendakan nantinya pada Masa Sidang I betul-betul merumuskan berbagai kegiatan guna pencapaian dan pelaksanaan untuk pembangunan daerah di Kabupaten Barito Timur, lanjut Wabub.

“Saudara Ketua, Wakil Ketua dan Anggota Dewan yang Terhormat, sebelum saya mengakhiri sambutan ini, tidak lupa saya sampaikan ucapan selamat bersidang, terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas segala kerja sama antara pihak Dewan selaku pengemban fungsi Legislatif dan kami selaku pengemban fungsi Eksekutif dalam rangka membangun Kabupaten Barito Timur.

Usai rapat paripurna, Wakil ketua II DPRD Bartim, Depe. SE mengatakan, terkait rapat paripurna pada hari ini, bahwa hari ini terakhir rapat pada masa sidang III. Sehingga kontribusi sebagai Mitra pemerintah berusaha memacu kegiatan-kegiatan pemerintahan daerah pada sidang III, setelah itu, perubahan peraturan PDAM.

“Yang menjadi prioritas kita adalah serta persiapan PPAS di anggaran Tahun 2022. Kita menilai Sejauh ini tidak ada kendala baik di DPRD maupun di pemerintahan,” ujar Depe kepada awak media usai rapat.

Diketahui, Prioritas dan Plafond Anggaran Sementara (PPAS) Tahun Anggaran 2022 berisi tentang Rencana Pendapatan dan Pembiayaan Kota Madiun, Prioritas Belanja Daerah, Plafon Anggaran Sementara berdasarkan Urusan Pemerintahan (urusan wajib dan urusan pilihan), program/kegiatan/sub kegiatan dan rencana pembiayaan daerah.

Pada kesempatan tersebut, Politisi dari Partai Demokrat ini menyampaikan agar Pemerintah daerah Kabupaten Bartim lebih maksimal dalam penanganan Covid-19 dengan cara transparan dalam penggunaan anggara Covid-19 yang berfokus kepada masyarakat.

“Harapan DPRD kepada Pemerintah bisa terbuka terhadap DPRD agar bisa mencari solusi dan masukan-masukan agar dimasa pandemi Covid-19 ini semuanya bisa berjalan dengan baik dan terselesaikan dengan baik juga yang intinya untuk masyarakat secara umum,” pungkasnya.(Rue/Red)


  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Periksa Juga

DPRD Bartim Gelar Lanjutan Paripurna APBD 2021 Terkait Tanggapan Kepala Daerah

        Pengunjung : 85 Tamiang Layang, BetangTv News – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten …