Berdayakan Pemuda, Karang Taruna Palangka Raya Gelar Pelatihan Kewirausahaan

  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Palangka Raya, BetangTv News -Puluhan orang pemuda Karang Taruna Kota Palangka Raya terdiri dari Karang Taruna Kelurahan, Karang Taruna Kecamatan Se Kota Palangka Raya, kalangan mahasiswa (i),OKP, UKM dan organisasi yang ada di Kota Palangka Raya mengikuti program pemberdayaan kelembagaan kesejahteraan sosial, lewat pelatihan kewirausahaan karang taruna.

Kegiatan Pelatihan Kreativitas Kewirausahaan Karang Taruna Kota Palangka Raya dengan Tema “Pemuda berjiwausaha yang kreatif dan inovatif” dilangsungkan di Aula KNPI Kalimantan Tengah, Rabu (4/12/2019).

Acara itu sendiri dihadiri dari pihak Dinas Sosial Kota Palangka Raya dan dibuka secara resmi oleh Ketua Karang Taruna Provinsi Kalteng, Abdul Hafid.

Hafid sangat mengapresiasi atas kegiatan tersebut dan menyampaikan bahwa pengangguran merupakan masalah utama dalam pembangunan yang sangat kritis, khususnya dipelosok nusantara.

Salah satu solusinya adalah, lanjut Hafid, dengan mencetak lulusan lembaga pendidikan yang memiliki potensi dalam mengembangkan keterampilannya menjadi usaha mandiri. Selain menjadi solusi untuk diri sendiri, tapi juga menjadi solusi untuk orang lain yang tidak memiliki pekerjaan.

“Ada beberapa alasan orang untuk berwirausaha, antara lain untuk mencari nafkah maupun menambah pendapatan, untuk memperoleh status maupun ingin dikenal dan bertemu orang banyak, memberikan pelayanan pada masyarakat, dan untuk mandiri serta lebih produktif. Semua alasan tersebut itulah yang mendorong orang untuk berwirausaha,” beber Hafid.

Terpisah, Ketua Karang Taruna Kota Palangka Raya, Rahmad Handoko berpesan dan berharap kepada para pemuda khususnya pengurus Karang Taruna Kota untuk bisa membangun usaha sendiri agar mandiri dan tidak berharap dari dana yang ada saja, karena wirausaha merupakan suatu proses atau suatu usaha yang
dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan sesuai dengan harapan dengan cara memproduksi, maupun menjual barang atau jasa.

“Dalam menjalankan suatu usaha harus memiliki skill, kemauan, tekad dan modal usaha. Jika itu sudah dimiliki maka target dan tujuan pemasaran akan berjalan,” tukasnya.

Sementara, ketua panitia, Andre Rizky Perdana menyampaikan, tujuan kegiatan itu untuk meningkatkan jumlah wirausaha yang berkualitas, menyadarkan masyarakat atau memberikan kesadaran berwirausaha yang tangguh dan kuat.

Ditambahkan, menghasilkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat, membudayakan semangat, sikap, perilaku dan kemampuan kewirausahaan di kalangan masyarakat, mahasiwa dan lainnya.

“Dalam Kegiatan ini peserta dilatih keterampilan membuat perhiasan gelang dan bros dari batu-batuan dan manik-manik, dan yang melatih sekaligus meperagakan keterampilan ini adalah pengurus Karang Taruna Kota Palangka Raya yaitu Sujatmi dan Jumiati,” tutupnya.(Me)


  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Periksa Juga

Walikota Palangka Raya Ajak Manfaatkan Taksi Bandara Tjilik Riwut

        Pengunjung : 47 Palangka Raya, BetangTv News – Akhir tahun 2021 lalu, Walikota Palangka …