Mahasiswa UM Palangka Raya Kunjungi KPID Kalteng, Ini Pesan Komisioner

  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Palangka Raya, BetangTv News – Sedikitnya 45 orang Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Muhammadiyah (UM) Palangka Raya menyambangi Kantor Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID)Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Senin (25/11/2019).

Kedatangan mahasiswa itu dalam rangka kuliah lapangan yang didampingi dosen pengampu mata kuliah, Srie Rosmilawati MI.Kom yang berkaitan dengan mata kuliah dasar-dasar Public Relations, Periklanan, Etika dan Filsafat Komunikasi tersebut disambut langsung oleh Ketua KPID Kalteng, Henoch Rents Katoppo dan Wakilnya Ming Apriady.

Selain itu juga ada Anggota Bidang Pengawasan Isi Siaran, Rilius Indrawan, Koordinator Bidang Pengawasan Isi Siaran, Asih Ayu, Koorbid Kelembagaan, Andreas dan Koorbid Pengelolaan Sistem Penyiaran, Raih Tiup tersebut memberikan kuliah lapangannya tentang profil kelembagaan, pengeloaan sistem strukur sistem penyiaran dan pengawasan penyiaran.

Srie Rosmilawati mengatakan, pihaknya melakukan kegiatan observasi lapangan atau kuliah lapangan terhadap mahasiswa tidak hanya diberikan secara teori di kampus tapi juga menginginkan mereka untuk melihat secara nyata bagaimana dilapangan terkait dengan mata kuliah mereka yang memang berhubungan sekali dengan jurusan ilmu komunikasi itu sendiri.

“Setelah kuliah lapangan ini, para mahasiswa juga harus membuat laporan dan release tentang kegiatan kuliah lapangannya,” ucapnya.

Dilanjutkan Mila, sapaan akrab Srie Rosmilawati, para mahasiswa sangat antusias dengan kuliah lapangan ke KPID Kalteng, karena mahasiswa diberikan informasi mengenai kelembagaan, pengelolaan sistem penyiaran dan pengawasan penyiaran termasuk melihat langsung sarana dan proses pengawasan penyiaran serta berbicara peluang untuk melakukan kerjasama terkait magang untuk para mahasiswa.

“Banyak sekali mahasiswa diberikan informasi berkaitan dengan keberadaan KPID Kalteng, lembaga penyiaran termasuk peraturan terkait penyiaran tentang Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS),” ungkap Mila.

“Anak-anak sangat senang sekali bisa berdiskusi dan dapat pengetahuan tentang dunia penyiaran, apalagi melihat kedepannya terdapat peluang-peluang sangat besar untuk anak komunikasi bisa kerjasama tidak hanya dalam bentuk kuliah lapangan namun juga magang atau bekerja disini,” sambung Mila.

Sementara itu, Henoch Rents Katoppo mengucapkan terima kasih atas kunjungan kuliah lapangan dari mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip UM Palangka Raya, semoga apa yang pihaknya sampaikan itu bisa bermanfaat dan dapat diaplikasikan.

Pihaknya juga berharap kedepannya dapat berkolaborasi dengan mahasiswa ilmu komunikasi dalam membuat iklan layanan masyarakat KPID Kalteng atau membentuk komunitas kelompok peduli penyiaran di UM Palangka Raya.

“Kalau tidak ada halangan tahun depan kami akan mengadakan lomba membuat iklan dengan tema kelembagaan KPID ataupun dalam rangka menyambut Pemilukada,” beber Rents

Ditambahkan, sebagai wujud peran serta mahasiswa juga silahkan dapat mengadukan tayangan atau siaran TV dan Radio yang dianggap tidak layak ke KPID Kalteng ataupun bisa juga memberikan apresiasi kepada lembaga penyiaran yang dianggap baik dalam konten programnya.(Me)


  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Periksa Juga

Ini Pesan Pemuda Kalimantan Tengah di Hari Jadi Kota Palangka Raya Ke-67

        Pengunjung : 454 Palangka Raya Betang.Tv- Tokoh muda Kalimantan Tengah sekaligus Demisioner Wakil Presiden …