Pengurus Dewan Paroki Katedral Santa Maria Palangka Raya Periode 2020-2023 Dilantik

  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Palangka Raya, BetangTv News –
Setiap lembaga tentu saja memiliki pengurus. Demikian juga sebuah paroki. Kelompok orang yang mengurus sebuah paroki disebut Dewan Paroki.

Dewan Paroki adalah persekutuan para pelayan umat Allah yang terdiri dari imam sebagai wakil Uskup dan kaum awam serta serta biarawan-biarawati sebagai wakil umat bersama-sama melaksanakan tugas dan panggilan untuk terlibat dalam tritugas Kristus, yakni menguduskan, mewartakan, dan menggembalakan.

Dewan Paroki berfungsi sebagai wadah pelayanan dan koordinasi keterlibatan seluruh umat dalam melaksanakan panggilan dan tugas perutusan Gereja.

Dewan Paroki ini bertujuan, diantaranya menyelenggarakan tata penggembalaan yang melibatkan, mengembangkan, memberdayakan, dan mencerdaskan seluruh umat, khususnya kaum muda sesuai dengan semangat Santo Yusup Suami Maria, pelindung Paroki, yang setia dan tekun berjuang membangun habitus baru.

Membangun kerjasama dengan siapa pun yang berkehendak baik dalam hubungan antar agama dan kepercayaan.

Mengembangkan pola hidup dan pola pikir, serta pola tindak dalam masyarakat yang majemuk, dengan tetap memberi perhatian kepada yang kecil, lemah, miskin, dan tersingkir.

Bertepatan dengan Perayaan Ekaristi Hari Raya Yesus dipersembahkan ke Kenisah, Minggu (02/02/20), Uskup Palangka Raya Mgr DR Aloysius Sutrisna Atmaka MSF melantik Pengurus Dewan Paroki Katedral Santa Maria, periode 2020-2023 di Palangka Raya.

Dalam khotbah sekaligus sambutannya, Uskup Aloysius menegaskan bahwa pengurus Dewan Paroki dapat mewujudkan tugas- tugas Gereja dengan saling bekerjasama.

“Dalam hidup parokial ada 3 unsur yang utama yaitu adanya penggerak sebagai motivator atau animator, program seksi yang matang dalam bentuk kegiatan, dan yang digerakkan yaitu umat Allah,” ucapnya.

Maka sebelum menjadi penggerak baik di tingkat lingkungan sampai dengan paroki bahkan keuskupan melalui kegiatan ini Para Pengurus diajak kembali untuk mendalami dan memahami tentang hidup menggereja.

Selain itu, yang tak kalah penting adalah pemahaman dan pengetahuan yang didapat bisa mentransformasi dan mengubah cara hidup umat ke arah yang lebih baik.

Dewan Paroki Katedral Santa Maria Palangka Raya periode 2020-2023 dipimpin Ketua Umum, Pastor Patris Alu Tampu Pr, Wakil Ketua Umum Pastor Romanus Romans Pr, Ketua I Julius I P Situngkir, Wakil Ketua II Yulianus Dani Nahar, Sekretaris I Fidelis Farera, Sekretaris II Timotius Jelahu dan Bendahara II Yanawati.

Pengurus Dewan Paroki ini dibantu oleh sejumlah Bidang yang kesehariannya membantu Pastor Paroki dalam kegiatan pelayanan kepada umat di Paroki setempat.

Paroki Katedral Santa Maria Palangka Raya yang didirikan pada tahun 1963, sebagai barometer Paroki se Keuskupan Palangka Raya dalam misinya melayani kepentingan umat, khususnya umat Katolik, sebagaimana umumnya Paroki di daerah lain memiliki 5 tugas dasar Gereja, yaitu menguduskan (Liturgia), mengembangkan pewartaan Kabar Gembira (Kerygma), menghadirkan dan membangun persekutuan (Koinonia), memajukan karya cinta kasih/pelayanan (Diakonia) dan memberi kesaksian sebagai murid-murid Tuhan Yesus Kristus (Martyria).”Gereja adalah Guru dan Ibu yang tegas dalam pengajaran seperti guru namun juga penuh cinta kasih layaknya ibu,” tutupnya.(Red)

 


  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Periksa Juga

Bakti Selaku Putra Dayak, Indra Gunawan Siap Maju di Pemilihan Damang Jekan Raya

        Pengunjung : 497 Foto ; Indra Gunawan, Jurnalis dan Pemerhati Budaya Dayak Kalteng Palangka …