Uskup Sutrisnaatmaka: Kamu Adalah Terang dan Garam Dunia

  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Palangka Raya, BetangTv News –
Paroki Yesus Gembala Baik (YGB) Palangka Raya terletak di Tjilik Riwut Km 9 kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Paroki yang masuk dalam wilayah Keuskupan Palangka Raya ini merupakan pemekaran dari Paroki Katedral Santa Maria.

Saat ini ini terdiri dari sembilan lingkungan, sembilan komunitas biara, dan sembilan stasi.

Usia paroki ini terbilang muda, baru delapan tahun, namun telah meletakkan dasar-dasar pelayanan pastoralnya.

Paroki YGB tersebut memiliki visi menjadi Gereja yang mandiri, inkulturatif, berdaya pikat dalam dialog ekumenis dan peduli lingkungan hidup.

Guna mewujudkan visi tersebut, hasil pleno paroki memutuskan untuk melaksanakan program Misa dalam nuansa budaya lokal.

Paroki YGB pun baru-baru ini menggelar upacara Desakralisasi Aula Paroki setelah beberapa tahun Aula tersebut dimanfaatkan sebagai tempat untuk merayakan Ekaristi Kudus selama Gedung Gereja dalam proses pembangunan yang saat ini mencapai 95 % rampung penyelesaiannya.

Mgr. MA Sutrisnaatmaka MSF dalam kotbahnya bertajuk “Kamu Adalah Terang dan Garam Dunia” ini memberi penekanan bahwa hendaknya setiap umat Katolik tidak boleh takut dan gentar menjadi Saksi Kristus oleh menjadi terang dan garam dunia karena setiap umat telah diberi talenta dan kekuatan untuk menjadi garam dan terang dunia.

“Kita punya sumber kekuatan yang menghasilkan energi terang yang luar biasa, yakni Roh Kudus. Karena itu kapan dan dimanapun kita berada tidak boleh takut menghadapi tantangan dan cobaan hidup seberat apapun,” ucap Sutrisnaatmaka.

Karena, lanjut Sutrisnaatmaka, Roh Kuduslah yang akan menolong membantu, menerangi dan memberi kekuatan kepada umatnya untuk menghadapi dan menyelesaikan semua persoalan dalam Terang Ilahi.

“Kebaikannya tetap selama lamanya, kekuatannya tidak ada bandingnya. Karena itu sebagaimana seiring dengan motto perjuangan orang Dayak Isen Mulang. Tetap tegak lurus dan maju terus pantang mundur, kebenaran memang bisa diinjak injak dan ditenggelamkan tetapi dengan prinsip keyakinan bahwa cepat atau lambat kebenaranlah yang akan menang dan muncul ke permukaan menjadi pemenang. Tuhan Yesus memberkati kita semua,” tegas Sutrisnaatmaka.

Terpisah, Emanuel Milo Wawo, salah seorang Tokoh di Paroki ini menuturkan, kesuksesan panitia pembangunan Gereja Katolik YGB Kota Palangka Raya tentunya tidak lepas dari peran besar Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto yang terus menggenjot anggaran pembangunan lewat alokasi APBD Kota Palangka Raya.

“Selaku umat tentunya patut kami mengucapkan syukur kepada Tuhan dan PDI Perjuangan yang lewat kadernya Pak Sigit K Yunianto yang telah memberi perhatian penuh kepada umat Katolik,” demikian Emanuel.(Red)


  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Periksa Juga

Ini Pesan Pemuda Kalimantan Tengah di Hari Jadi Kota Palangka Raya Ke-67

        Pengunjung : 453 Palangka Raya Betang.Tv- Tokoh muda Kalimantan Tengah sekaligus Demisioner Wakil Presiden …