Bahas P3MD di Kalteng, Gubernur Gelar Rakor

  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Palangka Raya, BetangTv News – Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) adalah langkah strategis pemerintah guna mewujudkan kemandirian desa dan merumuskan pemecahan masalah yang terjadi di desa.

Berlatar belakang langkah strategis tersebut, Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) Pemerintahan Desa dengan seluruh Tenaga Pendamping Desa untuk membahas P3MD se-Kalteng.

Agenda tersebut dilaksanakan melalui video konferensi di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur setempat, Selasa, (22/9/2020).

Pertemuan secara daring tersebut dipimpin langsung oleh Gubernur dan dihadiri oleh lebih dari 606 orang, baik dari Aula Jayang Tingang maupun para tenaga pendamping desa yang berada di daerahnya masing-masing.

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalteng, Rojikinnor menyebutkan kehadiran peserta rakor berasal dari 14 kabupaten/kota se-Kalteng.

“Pertemuan ini dalam rangka mendengarkan arahan Gubernur Kalimantan Tengah terkait dengan pembangunan di Kalimantan Tengah kepada seluruh tenaga pendamping desa di Kalimantan Tengah,” ucap Rojikinnor.

Sebelumnya, Gubernur menyebutkan lima poin penting yang menjadi fokus pembahasan pada rakor P3MD tersebut, yaitu pembangunan desa dari segi infrastruktur, pendidikan, kesehatan, SDM menyangkut pemberdayaan warga desa, dan ekonomi pedesaan.

Gubernur pun mengajak seluruh tenaga pendamping desa untuk berdiskusi bersama guna membahas hal-hal yang harus dilakukan untuk memajukan desa-desa di Kalteng.

“Kita meminta waktu diskusi kepada Bapak/Ibu sebagai pendamping desa, minta masukan sebetulnya apa saja yang bisa dibantu oleh Pemerintah Provinsi. Pertama untuk Pendamping Desa itu sendiri, bagaimana kami dapat membantu masalah tanggung jawab bapak-bapak. Terus, Kami selaku wakil pemerintah pusat di daerah, apa yang bisa kami bantu di 1.434 desa. Tentu kami tidak bisa menyentuh semuanya. Yang bisa menyentuh secara keseluruhan itu adalah Bupati/Wali Kota se-Kalimantan Tengah,” ungkap Gubernur.

Gubernur menaruh harapan besar pada kemajuan dan kemandirian seluruh desa di Kalteng dan meminta jajarannya baik di tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota hingga perangkat di desa untuk dapat bersinergi bersama-sama membangun desa-desa di Kalteng.

Gubernur mengharapkan para pendamping desa untuk lebih bekerja keras lagi demi pembangunan desa berkelanjutan.

“Untuk itu para pendamping desa saya harapkan bisa bekerja lebih keras, lebih giat sesuai dengan tanggung jawabnya. Kenapa, karena masih banyak desa-desa terbelakang di Kalimantan Tengah padahal ekonominya bagus tapi kabupaten tersebut masih terdapat desa-desa yang terbelakang,” katanya.

Gubernur juga menyinggung secara mendetail mengenai peningkatan aspek kesehatan dan pendidikan di desa.

“Posyandu kita, Puskesmas kita, pendidikan di desa-desa tersebut harus digerakkan dan diperhatikan kedepan, termasuk infrastruktur di desa tersebut, biarpun saya ketahui sudah ada anggaran desa dari pemerintah pusat kalau tidak salah sudah 4 tahun ini. Dana-dana ini jangan mubazir, di situlah para pendamping desa bisa membantu para kepala desa di desanya masing-masing,” pungkas Gubernur.(Drt/Red)


  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Periksa Juga

Ini Pesan Pemuda Kalimantan Tengah di Hari Jadi Kota Palangka Raya Ke-67

        Pengunjung : 453 Palangka Raya Betang.Tv- Tokoh muda Kalimantan Tengah sekaligus Demisioner Wakil Presiden …