Habib Ismail Berharap FKUB Menjadi Contoh Kerukunan Umat Beragama

  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Palangka Raya, BetangTv News – Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten/Kota Se-Kalimantan Tengah (Kalteng), Selasa (29/9/2020) di Aula Jayang Tingang dibuka secara resmi oleh Plt Gubernur Kalteng, Habib Ismail Bin Yahya.

Habib berpesan, melalui Rakorda itu bisa memperluas fungsi FKUB di samping membina keharmonisan, persatuan dan kesatuan, keberagaman.

Tokoh-tokoh agama mempunyai pengaruh yang besar di daerah masing-masing,

“Di tengah pandemi Covid-19 ini, saya mengimbau pada tokoh masyarakat, pengurus FKUB se-Kalteng untuk menjadi pionir memberi imbauan kepada masyarakat tentang pentingnya memutus mata rantai penyebaran Covid 19,” ungkap Habib.

Selain itu, Habib mengharapkan FKUB juga dapat menjalankan fungsinya untuk mengimbau masyarakat untuk saling menjaga kerukunan dalam rangkaian Pilkada. Rukun adalah kunci keberhasilan pembangunan di Kalteng.

Pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah saat ini, tidak akan ada gunanya tanpa adanya keharmonisan, persatuan dan kesatuan serta kerukunan antar umat beragama di tengah masyarakat Kalteng.

Habib juga menyampaikan harapan supaya FKUB dapat menjadi rujukan tentang kerukunan, mencontohkan netralitas dalam penanganan konflik, bisa menjadi mediator tatkala ada konflik kepentingan semua agama.

“Saya yakin seluruh pengurus anggota FKUB mampu melakukan tindakan bijaksana guna menyikapi segala bentuk permasalahan bukan hanya agama namun semua permasalahan yg ada,” ujarnya.

“Saya memberi apresiasi atas terselenggaranya Rakorda ini. Terselip harapan semoga Rakorda ini bisa menghasilkan kesepakatan yang strategis, aktual guna meningkatkan dan memantapkan peran serta FKUB dan tentunya kami bagian dari Pemerintah Kalteng mengimbau Pemerintah Kabupaten/Kota se- Kalteng memberikan dukungan semaksimal mungkin untuk FKUB,” pungkas Habib.

Sementara itu, Yamin Mukhtar, Ketua FKUB Kalteng mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat visi, misi, dan program kerja FKUB bersama Pemerintah Daerah Provinsi Kalteng.

Kemudian, berupaya menjaga, merawat, serta memelihara kerukunan antar umat beragama terutama dalam situasi dan kondisi Pesta Demokasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2020 dengan suasana damai, aman, kondusif dan harmonis.

“Peran dan fungsi FKUB salah satunya menjaga harmonisasi kerukunan umat beragama. Harapannya FKUB mampu mengembangkan komunikasi secara terbuka sekaligus memberi dan mencari solusi dalam menyelesaikan berbagai permasalahan di tengah masyarakat,” tutupnya.

Rakorda yang bertemakan “Bangun Harmoni Perkuat Kerukunan di Bumi Tambun Bungai Kalimantan Tengah” ini diikuti secara virtual melalui video conference oleh Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah dan anggota FKUB Kabupaten/Kota se-Kalteng.(Drt/Red)


  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Periksa Juga

Ini Pesan Pemuda Kalimantan Tengah di Hari Jadi Kota Palangka Raya Ke-67

        Pengunjung : 453 Palangka Raya Betang.Tv- Tokoh muda Kalimantan Tengah sekaligus Demisioner Wakil Presiden …