Setelah Tertunda Setahun, Besok Pengurus DAD Kalteng Dilantik

  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Palangka  Raya, BetangTV News, – Ketua Umum Dewan Adat Dayak (DAD) Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Agustiar Sabran membuka secara resmi rapat kerja (Raker) internal yang digelar terpusat di ruang pertemuan Hotel Aquarius Boutique Palangka Raya, Senin (15/08/2022). Raker tersebut dihadiri oleh unsur lembaga dan tokoh adat yang berada di 13 Kabupaten dan Kota.

“Walau dalam kegiatan ini disebut rapat kerja, tapi alangkah baiknya kita saling kenal terlebih dahulu yakni hasupa hasundau,” ucap Agustiar Sabran.

Agustiar Sabran juga mengutarakan pertemuan ini sekaligus dalam rangka menjalin sinergisitas dan mendiskusikan kepada tokoh dan lembaga adat dalam keragaman. Dimana, hasil silahturami ini nantinya akan di susun dalam program kerja DAD ke depannya.

“Sebelum pelantikan pengurus yang digelar besok pada 16 Agustus 2022, kita Pengurus DAD terpilih ingin mengayomi berbagai lembaga adat dayak dan tokoh. Agar memudahkan dalam bekerjasama, berkoordinasi, mencari solusi dan menyusun program kerja. Karena DAD ini bukan ormas, tetapi lembaga yang yang terbentuk karena Peraturan Daerah (PERDA) Provinsi Kalimantan Tengah Nomor 16 Tahun 2008 tentang Kelembagaan Kelembagaan Adat Dayak Di Kalimantan Tengah,” jelasnya.

la menambahkan, dalam DAD juga ada perangkat koordinasi yakni damang hingga mantir adat. Batamad,

Untuk diketahui, berdasarkan keputusan MUSDA III DAD Kalteng pada tanggal 07 November 2021, Nomor Keputusan Kep05/MUSDA-III-DAD/XI/2021 telah terpilihlah Ketua DAD periode 2021-2026. Saat itu, struktur dan komposisi pengurus DAD belum dilantik. Hal ini karena kondisi pandemi COVID-19 dan kondisi lain yang tidak memungkinkan. Hingga akhirnya, setelah melihat kondisi telah kondusif, maka pelantikan direncanakan pada Selasa tanggal 16 Agustus 2022 di Aula Jayang Tingang kantor Gubernur Kalteng.

“Semua rencana kerja semua perangkat tersebut nantinya akan menjadi masukan untuk DAD untuk melaksanakan tugasnya berdasakan Perda tesebut. Jika kita semua perangkat adat ini bisa bersatu, maka akan mudah untuk berkodinasi, mencari informasi dan mengantisipasi jika ada persoalan yang menyangkut adat”, tambahnya.

Berdasarkan keputusan MUSDA III DAD Kalteng pada tanggal 07 November 2021, Nomor Keputusan Kep05/MUSDA-III-DAD/XI/2021 telah terpilihlah Ketua DAD periode 2021-2026. Saat itu, struktur dan komposisi pengurus DAD belum dilantik. Hal ini karena kondisi pandemi COVID-19 dan kondisi lain yang tidak memungkinkan. Hingga akhirnya, setelah melihat kondisi kondisi telah kondusif, maka pelantikan direncanakan pada Selasa tanggal 16 Agustus 2022 di Aula Jayang Tingang kantor Gubernur Kalteng.

Sesuai dengan keputusan Majelis Adat Dayak Nasional Nomor 035/MADN/SK/IV/2022 terdapat delapan orang dewan kehormatan yang diketuai Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran. Kemudian 17 orang dewan pertimbangan yang diketuai Lewis. Ada 25 orang Dewan Pakar yang diketuai Napa J Awat SU yang juga mantan Rektor UPR periode 2001-2005. Sementara itu, untuk susunan pengurus DAD Kalteng terdiri dari satu Ketua yaitu H Agustiar Sabran, Wakil Ketua Umum/harian yakni Andrie Elia yang juga Rektor UPR saat ini, Wakil Ketua Umum ada enam yakni Walter S Penyang, Bulkani, HM Wahyudie F Dirun, Tuty Dau, Leonard S Ampung dan Tiwi Etika.(RED)


  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Periksa Juga

BEM UMPR dan Polda Kalteng Komitmen Tangkal Penyebaran Hoaks

        Pengunjung : 13 Palangka Raya, BetangTv News – Wakil Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) …