Wagub Kalteng Ucapkan Selamat kepada Badan Publik yang Raih Predikat Informatif

  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Palangka Raya, BetangTv News – Komisi Informasi (KI) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) telah usai menggelar tahapan pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tahun 2022 pada Badan Publik di Provinsi setempat, yang ditandai dengan Penganugerahan KIP Tahun 2022 sebagai puncak acara.

Penganugerahan itu dilaksanakan secara langsung di Ballroom Hotel M Bahalap, dengan dihadiri oleh seluruh Badan Publik yang telah mengikuti proses penilaian, Kamis (24/11/2022) malam.

Penganugerahan ini juga dihadiri Wakil Gubernur Kalteng, H Edy Pratowo didampingi Ketua KI Kalteng M.Mukhlas Roziqin, Wakil Ketua Setni Betlina beserta Komisioner lainnya Daan Rismon, Baneri Repelita, Srie Rosmilawati dan Kepala Dinas Kominfosantik Provinsi Kalteng, Agus Siswadi.

Selain itu, juga dihadiri Wakil Ketua KI Pusat, H.Arya Sandhiyudha dan sejumlah anggota Forkopimda Kalteng.

Mukhlas dalam laporannya menyampaikan bahwa Monev telah melalui serangkaian tahapan sejak Juli 2022, dari pengiriman kuesioner SAQ, pengembalian kuesioner, entry meeting, visitasi, dan presentasi badan publik kategori 5 terbaik.

Kualifikasi peringkat hasil akhir, terbagi atas Badan Publik Informatif berjumlah 20 badan publik, Menuju Informatif 15 badan publik, Cukup Informatif 11 badan publik, Kurang Informatif 7 badan publik dan Tidak Informatif berjumlah 2 badan publik.

Dalam kesempatan tersebut, Wagub mengucapkan selamat kepada badan publik yang sudah meraih predikat informatif, sedangkan bagi badan publik yang meraih predikat cukup informatif dapat menjadikan predikat tersebut sebagai barometer melakukan perbaikan menuju keterbukaan informasi sehingga di masa mendatang bisa meraih informatif.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini sebagai tolok ukur stakeholder terkait dalam menyajikan informasi berkaitan keterbukaan bagi publik,” ungkap Wagub.

Adapun daftar kategori Organisasi Perangkat Daerah berpredikat informatif diraih oleh BKD Provinsi Kalteng, Dinas Perkimtan, Biro ADPIM Setda Provinsi Kalteng, Dinas Pendidikan, RSUD Doris Sylvanus, Dinas Kehutanan, Dinas Dukcapil, Dinas P3APPKB, BPSDM dan pada peringkat pertama yaitu Dislutkan.

Sedangkan kategori instansi vertikal informatif diraih oleh
Perwakilan BKKBN, KPU Provinsi Kalteng, Bawaslu Kalteng, BPK RI Perwakilan Kalteng dan pada Peringkat Pertama yaitu BPS Provinsi Kalteng.

Ketegori Kabupaten/Kota se-Kalteng informatif diraih oleh PPID Utama Kabupaten Murung Raya, PPID Utama Kabupaten Kapuas, PPID Utama Kabupaten Pulang Pisau, PPID Utama Kabupaten Kotawaringin Barat, dan pada peringkat pertama yaitu PPID Utama Kota Palangka Raya yang diterima langsung oleh Walikota Palangka Raya Fairid Naparin.

Penghargaan juga diberikan bagi instansi vertikal yang baru pertama kali sebagai peserta Monev KIP, yakni TVRI Kalteng dan Polda Kalteng.(Red)


  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Periksa Juga

Terkait Hal Ini, KI Pusat RI Gelar Pertemuan dengan Badan Perlindungan Data Uni Eropa

        Pengunjung : 1.038 Belgia, Betang.Tv – Berkaitan akses warga terhadap informasi atau dokumen publik …