Pesparani Katolik II Tingkat Kota Palangka Raya Resmi Digelar

  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Palangka Raya, Betang.tv, – Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik II tahun 2024 Tingkat Kota Palangka Raya, resmi digelar, di Aula GSG Tjilik Riwut, kompleks Gereja Katedral Santo Maria Palangka Raya, Jumat (25/10/2024).
Untuk diketahui, Pesparani Katolik adalah aktivitas seni budaya masyarakat Katolik dalam bentuk pagelaran dan lomba musik liturgi dan nyanyian. Tujuan ajang ini adalah mengembangkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan umat Katolik terhadap ibadah (liturgi) gerejani.
Pesparani II tahun 2024 ini diselenggarakan oleh Pengurus Lembaga Pembinaan dan Pengambangan Pesparani Katolik Daerah (LP3KD) Kota Palangka Raya.
Penjabat Walikota Palangka Raya, dalam sambutan yang dibacakan Pj. Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya, Albert Toembak, menyampaikan “Pesparani adalah wujud nyata kerukunan beragama yang ada di kota ini. Kegiatan ini bukan hanya semata ajang lomba untuk menunjukkan talenta dan kemampuan dalam musik liturgi, namun juga menjadi sarana untuk mempererat kebersamaan, semangat persaudaraan, serta cinta kasih diantara kita semua. Keharmonisan yang tercipta dari puji-pujian ini, menjadi lambang keindahan hidup yang kita bangun dalam kehidupan sehari-harisehari-hari, baik dalam lingkungan keluarga, gereja dan masyarakat”.
“Pemerintah Kota Palangka Raya menyambut baik penyelenggaraan Pesparani II tahun 2024, mengingat hal ini sejalan dengan tujuan program Pemerintah Kota Palangka Raya di bidang agama, yakni peningkatan kualitas pemahaman dan pengamalan ajaran agama masyarakat, dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan beragama di daerah ini”.


Lebih lanjut tegas Walikota, “melalui kegiatan ini umat Katolik dapat meningkatkan kreativitas seni budaya yang hidup dalam tata ibadah Gereja, sekaligus menjadi wadah mengembangkan bakat dalam bernyanyi dan meningkatkan mutu paduan suara, serta pertukaran pengetahuan dan pengalaman diantara peserta dalam bidang liturgi”.
Hadir dalam pembukaan acara Pesparani II ini, Pastor Paroki Katedral Santa Maria Palangka Raya, RD Patrisius Alutampu, Pastor Paroki Yesus Gembala Yang Baik, R.P. Cornelius Fallo, S.V.D, Pembimas Katolik Kemenag Provinsi Kalimantan Tengah, Sandra Mariyus Adipa.
Sementara Ketua Panitia Pesta paduan suara Gerejani (Pesparani) Katolik ke 2 tahun 2024, Yakobus Dapa Toda menyampaikan, dalam even ini LP3KD Kota dan panitia penyelenggara menggelar beberapa lomba diantaranya, cerdas cermat cermat anak, cerdas cermat remaja, dan bertutur kitab suci. Sedangkan lomba Mazmur, dengan kategori anak, remaja, orang muda Katolik dan tingkat dewasa. Sementara pada lomba paduan suara, dikategorikan pada tingkat anak, remaja gregorian, wanita dewasa, pria dewasa Gregorian dan dewasa campuran. (Red)


  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Periksa Juga

Ketua Pemuda Batak Bersatu: Pembangunan di Kalteng Harus Berkelanjutan

        Pengunjung : 380 Palangka Raya, Betang.Tv – Kontestasi demokrasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalimantan Tengah …

Tinggalkan Balasan