Mahasiswa FISIP UM Palangka Raya Sambangi Gedung Smart Province Kalteng

  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Palangka Raya, BetangTv News – Gedung Smart Province (GSP) milik Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang dikelola oleh Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Diskominfo) setempat di geruduk puluhan mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UM Palangka Raya), Senin (18/11/2019) kemarin.

Kedatangan puluhan mahasiswa Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIF) UM Palangka Raya ini dalam rangka kuliah lapangan.

Srie Rosmilawati MI.Kom, Dosen Ilmu Komunikasi mengatakan, pihaknya melakukan kegiatan observasi lapangan atau kuliah lapangan dimana terhadap mahasiswa tidak hanya diberikan secara teori di kampus tapi juga menginginkan mereka untuk melihat secara langsung bagaimana dilapangan terkait dengan mata kuliah mereka yang memang berhubungan sekali dengan jurusan ilmu komunikasi itu sendiri.

Mila, sapaan akrab Srie Rosmilawati menyebutkan para mahasiswa sangat antusias dengan kuliah lapangan ke GSP, mahasiswa diberikan informasi mengenai aplikasi dan fasilitas serta konsep dari Smart Province itu sendiri. Pihaknya juga berbicara peluang untuk melakukan kerjasama terkait magang untuk para mahasiswa.

“Banyak sekali hari ini anak-anak diberikan informasi berkaitan dengan MMC (Multimedia Center) khususnya, dan juga bagaimana konsep smart province, kami dan anak-anak sangat antusias dan senang sekali bisa dapat informasi dan juga kalau melihat kedepannya peluang-peluangnya sangat besar untuk anak komunikasi untuk bisa kerjasama tidak hanya dalam bentuk kuliah lapangan namun juga magang disini,” ungkap Mila.

Sementara, Kepala Diskominfo Kalteng, Ir Herson B Aden M.Si melalui Kepala Seksi Humas Arbandigana dan staf humas Ferawati menyebut Pemprov Kalteng telah menerapkan Smart Province yang memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk menerima layanan di berbagai macam sektor yang berbeda.

“Kalteng sudah mulai menerapkan Smart Province melalui berbagai aplikasi layanan publik, khususnya yang berkaitan dengan pembangunan,” kata Herson.

Smart Province yakni suatu provinsi yang telah mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam tata kelola sehari-hari, dengan tujuan untuk mempertinggi efisiensi, memperbaiki pelayanan publik dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.A

Arbandi menyebut, sejumlah aplikasi yang dapat diakses secara online oleh masyarakat, diantaranya terkait pendapatan daerah, serapan maupun belanja di setiap organisasi perangkat daerah dan beberapa kegiatan lainnya.

Bahkan yang menariknya, saat ini masyarakat dapat melihat informasi secara visual beberapa lokasi strategis di Kalteng melalui sarana dan prasarana yang tersedia di Gedung Smart Province Kalteng di Jalan Tjilik Riwut km 3,5 Kota Palangka Raya.

“Informasi visual ini bisa dilihat karena kami telah memasang televisi sirkuit tertutup atau yang biasa kita sebut CCTV di sejumlah titik di kabupaten/kota,” jelasnya.

Selain itu masyarakat, khususnya pelajar dan mahasiswa dapat mengakses data sektoral seputar Kalteng secara online dan mengunduhnya secara gratis.

“Tentu hal ini sangat membantu pelajar dan mahasiswa, terlebih saat mengerjakan tugas sekolah ataupun kuliah,” tutupnya.


  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Periksa Juga

Ini Pesan Pemuda Kalimantan Tengah di Hari Jadi Kota Palangka Raya Ke-67

        Pengunjung : 454 Palangka Raya Betang.Tv- Tokoh muda Kalimantan Tengah sekaligus Demisioner Wakil Presiden …