Sekda Mura Sisipkan Kepada Tim Ekspedisi Barito Hulu

  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Puruk Cahu, BetangTv News – Sekretaris Daerah Kabupaten Murung Raya (Mura) Hermon melepas Tim Ekpedisi Wilayah Hulu Barito yang diikuti lintas bidang DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyrakat Desa) pekan tadi.

Maksud digelarnya ekspedisi tersebut sebagai upaya monitoring wilayah desa dan dusun di pedalaman guna pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan kemasyarakatan di pelosok termasuk perbatasan.

Semetara tujuan kegiatan yang diberi nama Ekspedisi Wilayah Hulu Barito tersebut guna meningkatkan kemampuan masyarakat dalam membangun dusun, desa pelosok sekaligus membina Aparatur Desa, Damang, Mantir serta petugas ASN di pelosok.

Sebelum melapas tim Ekpedisi Wilayah Hulu Barito, Hermon berpesan dalam kegiatan yang memiliki maksud dan tujuan mulia ini hendaknya diikuti peserta dari lintas DPMD Mura dengan penuh tanggung jawab, terutama untuk menjaga kekompakan tim dalam menjalankan tugas.

Faktor keamanan harus dipertimbangkan sebelum berangkat mengingat kondisi alam yang akan dilewati tim Ekpedisi Wilayah Hulu Barito banyak melewati sungai dan riam yang bisa dibilang ganas dan sering menelan korban dari warga setempat.

“Saya mengingatkan kepada saudara saudari yang menjalankan tugas mulia untuk memantau, mengumpulkan data, dan memberikan edukasi kepada masyarakat di pedalaman untuk berhati hati dalam bertugas. Kita ketahui kondisi alam yang akan dihadapi adalah riam riam ganas yang sering menelan korban warga setempat,” ucapnya.

Dietahui, kejadian yang sempat viral di sosmed dulu, sewaktu petugas Disdukcapil mendata warga ke daerah Desa Topus sempat terbalik perahu yang ditumpangi mereka. Nah, kejadian seperti ini jangan sampai terulang.

“Jaga kekompakan diantara personel, intensifkan koordinasi, gunakan peralatan keselamatan dengan benar, cek ketersediaan logistic selama beberapa hari melakukan kegiatan, dan jangan lupa berdoa,” harap Hermon.

Semetara itu, Kepala DPMD Mura Sarwo Mintarjo, Senin (9/3/2020) menjelaskan, maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan Ekpedisi Wilayah Hulu Barito ialah sebagai upaya monitoring kondisi situasi di pedalaman Mura.

Kegiatan monitoring yang melaksanakan beberapa agenda pemerintahan ini juga bertujuan untuk penguatan aparatur pemerintan desa agar tidak tertinggal pengetahuannya dalam tata kelola desa sesuai dengan aturan baik yang sifatnya revisi maupun peraturan baru.

“Agenda lain tak kalah penting pada kegiatan Ekpedisi Wilayah Hulu Barito yaitu sekaligus dalam rangka memberikan perhatian kepada masyarakat pedalaman diwujudkan dalam bentuk kegiatan bhakti sosial, pemberian buku sekolah, baju seragam sekolah, pakaian layak pakai, vitamin serta obat obatan bagi warga yang tertinggal dan jauh berada di pelosok,” demikian Sarwo.(Red)


  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Periksa Juga

Wagub Kalteng Hadiri Rakor Pengendalian Inflasi bersama Menteri Dalam Negeri secara Virtual

        Pengunjung : 676 Palangka Raya, BetangTv News – Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Tengah (Kalteng) …