5 Alasan Tagihan Listrik Di Rumah Membengkak

  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

5 Alasan Tagihan Listrik Di Rumah Membengkak

 

Foto ; Dokumentasi betang.tv

 

Apakah Anda pernah mengalami bayar tagihan listrik membengkak? Hal ini tentu saja menjadi sesuatu yang meresahkan karena sangat mengganggu uang bulanan yang juga ikut membengkak pastinya.

Namun Anda perlu tahu, bahwa ada beberapa hal yang sebenarnya bisa jadi penyebab mengapa biaya listrik terus naik setiap bulan bahkan kenaikannya bisa saja tidak terprediksi.

Penyebab Tagihan Listrik Membengkak

Berikut ini beberapa kemungkinan yang membuat biaya listrik terus naik dan mengganggu pengeluaran bulanan.

1. Lampu Yang Dibiarkan Menyala

Hal ini mungkin terdengar sepele namun merupakan penyebab paling umum sering terjadi. Karena lampu adalah barang yang ternyata paling cepat menyedot energi listrik, jadi jika dihidupkan terus-menerus wajar saja bila tagihan  semakin tinggi.

Untuk menyiasatinya, maka Anda harus mematikan listrik ketika tidak digunakan apalagi pada siang hari atau saat tidur.

2. Charger Terus Terpasang

Hal yang kedua kemungkinan listrik membengkak karena charger yang terus terpasang tanpa pernah dicabut. Mungkin Anda berpikir, ketika charger terpasang tanpa dipakai untuk mengecas tidak akan membawa dampak apapun.

Namun ternyata pemakaian listrik rata-rata dari charger yang dibiarkan menempel di stop kontak setiap hari adalah 0,26 watt per harinya. Jadi hitung saja, jika dalam sebulan charger terus terpasang tanpa pernah dilepaskan maka sudah berapa watt yang terbuang sia-sia.

 

Foto ; Teknisi Profesional PT PLN Persero, Wilayah Layanan Rayon Timur, Palangka Raya (dok. betang.tv)

 

3. Daya Elektronik Tinggi

Kecanggihan teknologi memang membuat segala hal jadi efisien, tapi di sisi lain membuat boros akibat penggunaan produk elektronik yang semakin bertambah. Jika produk elektronik di rumah Anda bertambah, maka konsumsi dayanya juga akan semakin tinggi.

Terlebih untuk produk-produk seperti setrika, mesin cuci, atau rice cooker merupakan produk-produk yang biasanya membutuhkan daya listrik yang lumayan besar. Untuk menanggulanginya, maka Anda bisa pilih produk elektronik yang hemat energi.

4. Menghidupkan TV Semalaman

Beberapa orang memiliki kebiasaan tidak mematikan TV-nya meski sedang tidur. Apalagi jika menyalakan TV selama 24 jam, sudah pasti tagihan Anda akan melonjak naik. Belum lagi ditambah penggunaan alat elektronik lainnya yang punya daya besar.

Maka pastikan Anda mematikan TV jika sedang tidak ditonton, meskipun Anda sedang butuh hiburan. Tidak menyalakan TV, juga akan membuat tidur lebih nyaman tanpa berisik. Pemborosan listrik seperti ini tanpa disadari, seringkali membuat tagihan membengkak hingga secara otomatis, Anda rasa padahal penyebabnya adalah diri Anda sendiri.

5. Pembatas Listrik Tidak Stabil

Ada juga kemungkinan listrik Anda tagihannya jadi membengkak karena pembatas listrik yang naik turun atau tidak stabil. Biasanya kondisi ini terjadi karena daya yang tersedia tidak sesuai.

Pembatas listrik yang naik turun akan mengakibatkan biaya listrik menjadi tinggi tanpa bisa diprediksi. Anda harus melakukan perbaikan pada pembatas listrik, agar tagihan bisa diantisipasi dengan baik.

Saat ini untuk pembayaran tagihan listrik, Anda tidak perlu bingung karena bisa lewat Flip. Flip sendiri adalah perusahaan teknologi keuangan di Indonesia yang memang menghadirkan solusi keuangan berbasis transfer uang.

Selain layanan transfer, Flip ini juga punya banyak sekali digital produk yang bisa Anda manfaatkan salah satunya adalah untuk pembayaran tagihan biaya listrik rumah tangga.

Tidak perlu khawatir mengenai keamanan dari platform Flip ini sudah pasti memiliki izin lisensi dari Bank Indonesia sejak 4 Oktober 2016 dengan nomor 18/196/DKSP/68. adi tidak perlu khawatir masalah keamanan data maupun keamanan dana yang akan Anda transfer. Bahkan untuk kegiatan transfer ke luar negeri Anda bisa tetap andalkan Flip.

 

Sumber :

5 Kemungkinan Penyebab Tagihan Listrik Membengkak

https://www.banksinarmas.com/id/artikel/penyebab-tagihan-listrik-bengkak https://www.cermati.com/artikel/bukan-dicuri-ini-8-alasan-tagihan-listrik-membengkak

 

 

 

 


  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Periksa Juga

Bakti Selaku Putra Dayak, Indra Gunawan Siap Maju di Pemilihan Damang Jekan Raya

        Pengunjung : 495 Foto ; Indra Gunawan, Jurnalis dan Pemerhati Budaya Dayak Kalteng Palangka …