KKP Sespimen Direg 63 Belajar di Palangka Raya

  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Palangka Raya, Betang.Tv, – Berbagai kegiatan belajar yang dilakukan oleh sekolah di kepolisian terus dikembangkan. Salah satunya dengan melaksanakan Kuliah Kerja Profesi (KKP) tahap III peserta didik (Serdik) Sespimmen Polri, yang dilaksanakan diberbagai daerah di Nusantara.
Seperti yang dilaksanakan oleh peserta pendidikan reguler (Dikreg) ke-63, yang mendapatkan tugas belajar dan kuliah di wilayah Kalimantan Tengah, tepatnya di Kota Palangka Raya.
Sebanyak 10 peserta didik ini yang dipimpin oleh perwira menengah (Pamen) dua orang, melaksanakan kegiatan selama empat hari, yakni sejak Selasa (19/9/225) sampai Jumat (22/9/2023).
Kegiatan dipimpin oleh Kombes Pol Gusde Wardana SH, dan Kombes Satria Adhy P., S.I.K, M.Hum, bersama 10 peserta didik Sespimen ini melalui wawancara perwakilan Kepolisian, pemerintah Kota, TNI, hingga tokoh masyarakat, tokoh Agama, tokoh Adat dan lainya.
Selain itu, kegiatan juga menyambangi sejumlah tempat di Palangka Raya, untuk menganalisa, memgevaluasi hingga dijadikan bahan untuk penyusunan uji hasil kuliah kerja profesi di Palangka Raya. Termasuk juga melakukan diskusi ke masyarakat sadar wisata (madarwis) dan seni budaya.
“Ini bagian dari Kuliah Kerja Profesi Sespimen, dimana peserta didik melaksanakan terjun ke lalangan langsung, berdiskusi dengan kelompok masyarakat, internal kepolisian dan eksternal yang kemudian dijadikan bahan analisis dan evaluasi untuk tugas tugas yang diberikan. Upaya ini memberikan hal yang positif untuk generasi penerus dalam memimpin kepolisian yang tentunya juga bersama masyarakat luas di seluruh Indonesia,” ucap Gusde Wardana.
Pria yang juga pernah menjabat sebagai Kaolres Lamandau dan Dir Krimum Polda Kalteng ini menyebut, para peserta didik dapat menggali langsung berbagai potensi dan harapan serta masukan masukan dari masyarakat, eksternal dan internal kepolisian, sehingga hal itu jadi acuan dalam pendidikan dan kepemimpinan kedepanya.
“Setelah empat hari di Palangka Raya, kemudian hasil dari tugas KKP taha tiga ini akan dijadikan bahan dalam pelaksanaan tugas kembali ke Sespimen nantinya,” jelasnya.


Kegiatan pada Kamis (21/9/2023), melaksanakan kunjungan ke tempat tempat lokasi masyarakat untuk melaksanakan diskusi, sarasehan hingga tanyajawab, yang dilaksanakan di Jalan Gurame.
Sebelumnya, kegiatan dilaksanakan di Mapolres Palangka Raya, dimulai dari diskusi bersama aparat kepolisian, TNI, Pol PP Pemko Palangka Raya dan lainya.
Disela sela kegiatan, saat dijumpai, Kompol Didik Sulaiman Sik, selaku ketua Pokja 10 Sespimen Direg 63, menyebutkan kegiatan Kuliah Kerja Profesi (KKP) Tahap III itu dilaksanakan sebagai implementasi dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan di Sespimmen Lemdiklat Polri yang dilaksnakan diseluruh wilayah Indonesia, dimana juga disebut Dialog Sespim untuk Indonesia.
“Semoga kegiatan KKP ini, dapat bermanfaat bagi masyarakat di Kota Palangkaraya serta menambah pengetahuan dan pengalaman bagi kami para peserta didik (serdik) Sespimmen Dikreg ke-63 terutama dalam hal menerima masukan, diskusi, koordinasi dan tentunya ilmu yang didapat di masyarakat,”Katanya. (***)


  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Periksa Juga

Kunjungi Kotim, Presiden Jokowi Tinjau Lahan Pertanian Desa Bapeang

        Pengunjung : 458 Sampit, Betang.Tv – Usai melakukan peninjauan di pasar PPM Sampit, Gubernur …