Peringati Hari Sumpah Pemuda, Komunitas Nansarunai Jaya Bartim Menggelar Festival Band Bagi Kalangan Pelajar

  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Tamiang Layang, Betang.tv, – Kembali lakukan kegiatan positif, Komunitas Nansarunai Jaya(NJ)bekerjasama dengan Produksi Ajang Kreasi Kita(Jangkrik Production)di momen hari Sumpah Pemuda menggelar Festival Band dan Vocal solo Pelajar dengan pencarian bakat yang dimiliki oleh pelajar se- kabupaten Barito Timur (Bartim)Provinsi Kalimantan Tengah.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Dinas Pendidikan yang turut disambut oleh para peserta lomba kegiatan dengan tema Sumpah Pemuda yang di gelar di aula Dinas Pendidikan,Sabtu (28/10/2023).

Disela-sela kegiatan,Dr. Ariantho S.Muler ST., MM selaku pembina Komunitas NJ kepada awak media mengatakan bahwa kegiatan rutin Nansarunai Jaya yang terus melakukan kegiatan-kegiatan positif dari segala bidang,dan di hari sumpah pemuda ini kita membuat kegiatan untuk para pelajar agar dapat mengembangkan bakat-bakatnya.

“Kegiatan ini merupakan momen yang menurut kami sangat positif, mengingat kita juga sama-sama untuk memperingati Sumpah Pemuda di tahun 2023 ini.Dan tentunya melewati kegiatan ini juga kita ingin memupuk seluruh generasi kita agar lebih mengetahui mengenai sejarah,”ucap Ariantho.

 

Pria yang juga berstatus Wakil ketua DPRD Bartim ini menuturkan sejarah kemerdekaan melalui pergerakan kemerdekaan suatu tahapan yaitu berkumpulnya para pelajar-pelajar atau para pemuda pada saat itu untuk mempersiapkan ikrar sehingga Sumpah Pemuda ini menjadi semangat,menjadi kebersamaan untuk kita bersama-sama memperjuangkan kemerdekaan.

“Kami rasa tanpa adanya Sumpah Pemuda ini juga tidak ada kemerdekaan, karena lewat Sumpah Pemuda ini seluruh bangsa Indonesia bisa dipersatukan.Ketika merasa bahwa para pemuda,para pelajar pada saat itu yang melaksanakan Kongres Pemuda P3I atau perhimpunan pelajar-pelajar Indonesia pada saat itu mengikrarkan sumpah pemuda,” jelas Ariantho.

Menurut Ariantho lewat kegiatan ini tentunya pihaknya ingin menyampaikan kepada para generasi muda. Melalui NJ saat ini mereka cukup bangkit memberikan inovasi, ide-ide dan kreativitas untuk menghargai apa yang perlu diperjuangkan oleh para pemuda atau pelajar yang terdahulu.

“Harapan ke depannya Pemuda kita dengan adanya momen ini yang pertama mereka menghargai para perjuangan para pejuang kita yang terdahulu,kemudian dengan momen seperti ini maka membangkitkan ide-ide kreatif mereka dan kita tahu bahwa dengan adanya kegiatan seperti ini mereka juga akan saling mengenal satu dengan yang lain karena ini diikuti baik itu dari SD,SMP,SMA.Mereka bisa saling mengenal,” harapnya.

Selain itu,lanjut Ariantho menerangkan. Kemudian mereka merasa bahwa adanya ajang seperti ini nanti ada ajang pencarian bakat berikutnya,dan harapan kami mereka akan lebih percaya diri dan lebih bisa mengembangkan kemampuan.

“Kita berharap dalam kegiatan ini bisa menjadikan para pemuda lebih semangat berjuang untuk berkreativitas dan menunjukan kemampuan bakatnya dengan nilai-nilai positif,”harap Ariantho.

Sementara,ketua panitia pelaksana kegiatan,Eko Budi mengatakan kegiatan tersebut adalah program yang akan terus berlanjut hingga dapat memberikan warna indah bagi kabupaten Bartim dengan lestari nya seni yang dimiliki para pemuda dengan talenta yang perlu disupport di semua lini.

“Kita sudah punya program,dari NJ dan dari para seniman yang juga di support oleh pembina langsung. Kedepannya kita akan mengadakan event-event seperti ini dan bukan hanya mentok di sini saja,” ucap Eko.

Dirinya mengungkapkan program itu kedepannya akan mengirim siapapun pemenangnya dari sini ke jenjang lebih tinggi ke provinsi bahkan sampai ke pusat. Namun hal tersebut diharapkan agar pemerintah dapat mendukung kegiatan-kegiatan tersebut.

“Tolong pemerintah juga bantu kami untuk mendukungnya,karena selama ini kurang sekali. Talenta di Barito Timur banyak sekali yang harus kita apresiasi,” harap Eko.

Ditempat yang sama, para juri penilai lomba kegiatan yakni Darius, Barnusa dan Frisko menyampaikan sambutan yang dituju kepada para peserta lomba untuk dapat menunjukkan bakat dengan berkompetisi yang terbaik.Pada kesempatan tersebut para juri juga menyampaikan apresiasi kepada penyelenggara dan semua pihak yang telah mendukung kegiatan tersebut.

“Kami tentukan itu maksimal dan kami nilai independen secara individu,kemudian kami menggabungkan nilainya,ternyata ada beberapa yang memang nggak jauh berbeda. Jadi dari kriteria yang ada,misalnya harmonisasi kemudian skill maupun performance tidak jauh selisih,” jelas Barnusa salah satu juri pada lomba tersebut.

Adapun kegiatan diakhiri dengan penyerahan piagam kepada pemenang lomba serta sertifikat penghargaan kepada seluruh peserta lomba sekaligus bingkisan yang diserahkan langsung oleh Pembina NJ Ariantho S.Muler didampingi Ketua Panitia pelaksana Eko Budi.

Dari rangkaian kegiatan, yakni pemenang lomba vokal solo diraih oleh Fhysthya Calvin Dhyca dari SMAN 1 Tamiang Layang juara 1 dan Chealsea dari SDN 4 Tamiang Layang juara 2 serta Dian Safira dari SMAN 1 Tamiang Layang meraih juara 3. Sedangkan pemenang kategori band diraih oleh Smansayang Band dari SMAN 1 Tamiang Layang dan SMPN 1 Pematang Karau.(Jetry)


  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Periksa Juga

Pj.Bupati Barito Timur Sambut Baik Kunker Kakanwil DJPb Kalimantan Tengah

        Pengunjung : 436 Betangtv -Tamiang Layang, – Pj.Bupati Barito Timur,Indra Gunawan, menyambut kedatangan Kepala …