PORWADA Kalteng Tahun 2023 Resmi Digelar

  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Palangka Raya, Betang.Tv -Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Provinsi Kalteng Sri Suwanto membuka secara resmi Pekan Olahraga Wartawan Daerah (PORWADA) Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalimantan Tengah, bertempat di Lapangan Minisoccer R88, Jalan Cempaka Palangka Raya, Jumat (3/11/2023) sore.

Asisten Adum Sri Suwanto saat membacakan sambutan Gubernur Kalteng mengatakan, sebagai mitra Pemerintah, wartawan dapat menjadi corong penyambung informasi Pemerintah kepada masyarakat luas, melalui pemberitaan baik media cetak, elektronik, maupun daring, tanpa mengesampingkan fungsi wartawan sebagai kontrol sosial, sehingga peran wartawan sangat strategis dalam pembangunan daerah, khususnya di Provinsi Kalimantan Tengah.

“Namun demikian, dalam mengolah berita yang akan disajikan kepada masyarakat, diharapkan wartawan tetap berpegang teguh pada Kode Etik Jurnalistik dan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers,” ucapnya.

Lebih lanjut Sri menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada PWI Kalteng, atas prestasinya pada ajang Pekan Olahraga Wartawan Nasional (PORWANAS) di Malang, Jawa Timur, pada November 2022 lalu, karena telah mampu mempertahankan peringkat tiga besar nasional, dan mengharumkan nama Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila, Tanah Berkah, di kancah Nasional.

“Ajang PORWADA kali ini menjadi momentum yang sangat strategis bagi PWI Kalteng, untuk menjaring atlet-atlet wartawan yang tangguh dan profesional dalam bidang olahraga,” kata Sri.

Seraya membuktikan, bahwa wartawan anggota PWI Kalteng selain profesional dalam kerja jurnalistiknya, juga mampu menorehkan pretasi yang membanggakan dalam bidang lainnya, khususnya olahraga.

Secara khusus memasuki pesta Demokrasi Pemilu dan PILKADA serentak 2024, insan pers di Kalimantan Tengah diharapkan mampu terus bekerja secara baik dan Profesional, menjaga Kondusifitas Daerah, dan dapat membantu Pemerintah dalam menangkal berita bohong atau hoaks, yang dapat memecah-belah persaudaraan yang selama ini sudah terjaga dengan baik.

“Bersama Pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya, wartawan khususnya anggota PWI, saya ajak untuk memberikan pemahaman yang positif kepada masyarakat, agar menggunakan hak pilihnya sesuai hati nurani dalam pesta Demokrasi 2024 mendatang,” tutupnya.

Sementara itu Ketua Seksi wartawan Olahraga (Siwo) PWI Kalteng Wahyudi Hendra dalam laporannya menjelaskan, kegiatan ini merupakan persiapan untuk mengikuti Pekan Olahraga Wartawan Nasional tahun 2024 yang akan datang.

“Terdapat sembilan cabang olahraga yang akan dipertandingkan, dan peserta yang mengikuti kegiatan ini sudah melalui seleksi dan verifikasi, merupakan wartawan aktif dan memiliki kartu PWI Kalteng,” jelasnya.

Senada dengan itu Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Prov. Kalteng Muhammad Zainal menerangkan bahwa peserta pada kegiatan ini adalah wartawan yang berkompeten dan sudah bersertifikasi sebanyak 179 orang peserta, sehingga sudah bisa dijamin dan tidak diragukan lagi kualitasnya.

“Diharapkan melalui ajang ini, dapat mengharumkan nama Kalimantan Tengah di tingkat nasional,” pungkasnya.

Turut hadir Wakil Bupati Kotawaringin Timur Irawati, Forkopimda, perwakilan KONI Kalteng, perwakilan OJK Kalteng, Ketua PWI Kabupaten/Kota se Kalteng.(Red)


  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Periksa Juga

Gubernur Buka Porprov XII Kalteng di Sampit

        Pengunjung : 748 Sampit, Betang.Tv – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran membuka …