Tanpa Alasan yang Jelas, Ketua PWI Bartim Keluarkan Anggotanya

  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Tamiang Layang, Betang.Tv – Sungguh ironis dan memilukan nasib yang dialami mantan Ketua Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Barito Timur, dua periode Yartono, hanya gegara belum berkesempatan mengikuti Uji Kopetensi Wartawan (UKW) kaerena ada masalah dualisme kepemimpinan PWI Pusat berdampak pada gugurnya keanggotaan yang bersangkutan.

“Ya, ini kali kedua saya dizolimi setelah sebelumnya diberhentikann sepihak dari kepengurusan atau bendahara PWI Bartim periode 2023-2025, kini malah dinyatakan keanggotaan gugur oleh Ketua PWI Bartim, melalui surat nomor: 003/PWI-BT/X/2024 tanggal 2 Oktober 2024,” keluh Yartono di Tamiang Layang, Jumat (4/10/2024).

Menurut Yartono, sebagai pemegang kartu biru dengan Nomor Anggota 18.00.17687.15B yang bekerja di Media HU Tabengan masih nerlaku hingga 30 Maret 2025 menilai tindakan ini memperkeruh suasana dan mungkin ada motif tertentu, sebab dengan adanya daualisme kepengurusan PWI Pusat, pelaksanaan UKW di bekukan Dewan Pers sehingga tidak ada pelanggaran yang dilakukan, apalagi melanggar PDART PWI tapi masalah PWI Kabupaten sok berkuasa dan melangkahi kewenangannya memberhentikan anggotabtanpa peringatan.

Ditambahkannya, yang berhak memberhentikan dan menyatakan gugurnya keanggotaan PWI adalah PWI Pusat bukan PWI Kabupaten, jadi yang melampaui kewenagan dan melanggra PD ART adalah PWI Kabupaten.

Lebih lanjut, Yartono mengatakan meskipun dalam isi suratnya, Ketua PWI Barito Timur Prasojo Eko Aprianto mejelaskan bahwa dikeluarkannya dari anggota biasa PWI Barito Timur mengungkapkan surat PWI Pengurus Pusat Nomor 274/PWI-P/LXXVIII /2024 Perihal keputusan Konkernas tentang Diskresi perpanjangan KTA dengan ini keangotaan Yartono gugur dikarenakan sampai 30 September 2024 belum mengikuti Uji Kometensi Wartwan (UKW), sesuai dengan surat PWI Pusat poin nomor empat (4) yang berisikan yang mengursokan bahwa seluruh anggota PWI wajib lulus UKW.

Bagi anggota yang belum kompeten dan KTA aktif berlaku sampai 30 September 2024 untuk mengikuti UKW, setelah tanggal tersebut semua anggota biasa yang belum UKW dinyatakan gugur.

Sebagai mantan Ketua PWI Barito Timur dua (2) periode (2018-2020, 2020-2022) yang secara resmi dilantik oleh ketua umum PWI Pusat melalui PWI Provinsi Kalimantan Tengah justru balik mempertanyakan isi selebaran surat yang dilayangkan oleh Ketua PWI Barito Timur Prasojo Eko Aprianto yang seoleh-olah melebihi kewenangan dari PWI Pusat, yang dengan dualisme ini mestinya dalam status qou, atau tidak dilaksanakan apalagi UKW PWI di hentiakn Dewan Pers.

Yartono yang biasa disapa Ngekek atau Yulius ini keputusan atau surat PWI Kabupaten Barito Timur ini sangat tendensius dan ngawur, sebab UKW tidak ada dijadikan alasan, jadi dari fakta yang ada jasa dan perjuangan selama menjabat sebagai Ketua PWI di perode kedua tahun 2021 pernah menyrlenggakan UKW se Kalteng yang di biayai oleh Pemda Bartim dengan anggaran sebesar Rp80.000.000,- (Delapan Pulu Juta Rupiah) yang bertempat di Gedung Pertemuan Umur Mantawara Tamiang Layang,Kabupaten Barito Timur, tapi masalahnya dirinya dijegal dan tidak diluluskan.

“Dengan adanya pemberhentian ini, saya akan meminta klarifikasi PWI Propinsi Kalimantan Tengah dan PWI Pusat, sebagai upaya meminta keadilan dan jika tidak ditanggapi maka akan melakukan upaya hukum,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua PWI Barito Timur Prasojo Eko maupun Sekretarisnya Devina Risti tidak bisa ditemui untuk dikonfirmasi.(Red)


  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Periksa Juga

Sasaran Fisik dan Non Fisik Program TMMD Ke-122 Kodim 1012/Buntok di Barito Timur

        Pengunjung : 371 Betangtv,Tamiang Layang – Sasaran Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-122 …