Calon Ibukota Negara, Kalteng Miliki Poin Penting

  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Palangka Raya, BetangTv – Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabbran menyampaikan keunggulan dan pertimbangan alternatif sebagai bahan pertimbangan pemindahan ibukota negara terkait perencanaan pemindahan ibukota negara sudah tersusun rapi dan tinggal menunggu keputusan dari Presiden Joko Widodo.

Dalam Dialog Nasional Pemindahan Ibu Kota Negara: Kalimantan untuk Indonesia bertema “Menuju Ibu Kota Masa Depan: Smart, Green, Beautiful, dan Sustainable” yang diadakan di Luwansa Hotel Palangka Raya, Jumat (19/7/2019).

Sugianto Sabran mengatakan, ia mewakili masyarakat Kalteng sangat setuju dan mendukung jika Kalteng menjadi Ibukota negara.

Adapun beberapa pertimbangan dan keunggulan Kalteng terkait pemindahan ibukota pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang pertama alasan historis pada tanggal 17 juli 1957 presidan Ir Soekarno meletakkan tiang pancang pembangunan Palangkaraya dan 1 bulan kemudian tepatnya pada tanggal 17 agustus 1957 presiden Soekarno membuat pernyataan resmi agar Palangka Raya menjadi modal dan model ibukota negara yang baru dan modern.

Kemudian Soekarno menyusun dasar-dasar kota administrasi provinsi dengan pilot projectnya dengan membangun Jalan lurus dan lebar untuk pendaratan pesawat tempur jika terjadi peperangan nantinya dengan mendatangkan para insinyur dari Rusia kerna pada tahun 1960 terjadi krisis ekonomi membuat pembangunan palangka Raya terhenti.

Kedua adalah cita-cita leluhur Palangka Raya yaitu 3M (modal, model, dan modern).

Modal Kalteng merupakan sebuah kota masa depan (future city) yang menjadi investasi bagi bangsa Indonesia atau bisa diaebut juga sebagai penggerak dan aset bangsa.

Model, Kalteng merupakan kota terencana yang menjadi citra negara Indonesia atau sebagai Representasi bagi negara yang ada di dunia.

Modern, Kalteng merupakan kota ideal yang entitas kosmopolit yang unik seperti Bhineka Tunggal Ika dan Kalteng juga memiliki filosofi tersendiri yaitu ” HUMA BETANG ” yang artinya rumah besar dalam rumah besar ini dihuni oleh beragam agama dab kepercayaan tetapi tetap rukun dan damai

Yang ke tiga Kalteng merupakan ibukota yang strategis dari sisi Hankamnas , bebas banjir karena banjir yang terjadi limpasan banjir saja, sumber air yang melimpah, sumber daya alam yang sangat melimpah, wilayah bebas gempa, ibukota paru-paru dunia, memiliki lahan yang luas dengan ketinggian 25-300mdpi, kualitas udara baik, merupakan inti Kalimantan.

Yang ke 4 yaitu kondisi Makro, Kalteng memiliki 11 sungai besar dan panjang, memiliki beragam bahasa, suku, dan budaya.

Ke 5 yaitu rencana pengembangan pangan (food estate), Kalteng memiliki areal sawah irigasi, sawah pasang surut, sawah lebak.

Tanaman pangan antara lain Padi organik, jagung, singkong, tebu, kakao.

Pengembangan hewan ternak sapi di Kabupaten Sukamara.

Kawasan ekonomi khusus Teluk Sebuai yang ada di Kotawaringin Barat.

Yang ke 6 Kalteng memiliki sumber daya alam yang melimpah seperti sumber daya air yang sangat melimpah dan masih berbau alam.

“Dalam rencana pemindahan ibukota atau sudah menjadi ibukota ini saya berharap kepada bapak presiden Jokowi memberikan yang terbaik kepada masyarakat Dayak,” tegasnya.(Didik)


  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Periksa Juga

Ini Pesan Pemuda Kalimantan Tengah di Hari Jadi Kota Palangka Raya Ke-67

        Pengunjung : 453 Palangka Raya Betang.Tv- Tokoh muda Kalimantan Tengah sekaligus Demisioner Wakil Presiden …