Usaha Papan Bunga di Palangka Raya, Adi : Terkendala Bunga Segar

  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

 

Palangka Raya, BetangTv News – Sampai saat ini, hampir seluruh sektor usaha terdampak akibat pandemi Covid-19.

Bahkan, dengan varian baru yang muncul masih menjadi “hantu” menakutkan di kalangan masyarakat.

Tak hanya menghantam bidang kesehatan, sektor ekonomi juga mengalami dampak yang sangat serius.

Apalagi, saat ini Pemerintah masih melakukan pembatasan dengan skala tertentu aktivitas masyarakat yang berimbas pada kegiatan usaha, kemudian turut pula berimbas pada perekonomian.

Adanya pembatasan bagi warga dalam menggelar berbagai kegiatan, yang berkaitan dengan acara besar, seperti hajatan, pernikahan, resepsi bahkan acara duka mengakibatkan order penjualan papan bunga atau papan ucapan dan kerajinan merangkai bunga hidup pun sempat turun drastis.

Para pegiat usaha publikasi kegiatan ini banyak mengeluh, karena pemesanan papan klip digital print dan karangan bunga pun menurun.

Saat ini, usaha yang tergolong jasa pembuatan dan merangkai karangan bunga dengan papan ucapan berbasis digital printing  di Kota Palangka Raya, tampak mulai bergairah, seiring regulasi berkaitan pembatasan kegiatan masyarakat karena pandemi Covid-19 relatif cukup longgar.

Adi Sutrisno, salah seorang pegiat usaha pembuatan karangan bunga di daerah ini mengatakan, jika usaha rumahan yang ia geluti belum lama ini, bermula dari melihat peluang usaha rumahan dengan memproduksi papan ucapan dan karangan bunga yang akan berkembang  pesat beberapa tahun ke depan.

Bersamaan dengan diizinkannya masyarakat menggelar  acara, baik secara indoor maupun outdoor.

Papan klip dan karangan bunga hidup  yang ditawarkan Adi saat ini adalah papan bunga bertipe kayu yang dibalur dengan konsep template digital print, dengan tampilan yang lebih minimalis, sehingga menciptakan kesan yang manis yang tidak hanya ditampilkan untuk ucapan pernikahan atau hajatan namun dapat digunakan untuk ucapan lainnya, seperti peresmian gedung bahkan untuk ucapan duka.

Adi pun mematok biaya pemesanan papan bunga dengan harga cukup terjangkau sesuai ukuran mulai dari Rp.250.000 berukuran kecil hingga Rp.600.000 untuk pesanan berukuran besar.  Sementara  desain papan ucapan tergantung kehendak dari para pemesan.

“Saat ini papan bunga kami telah dipesan dibeberapa daerah, paling jauh hingga wilayah Barito. Biasanya untuk wilayah Barito akan kita kenakan biaya tambahan sesuai lokasi,” ungkap Adi, Jumat (18/3/2022).

Sementara itu, Adi mengakui, saat ini yang menjadi kendala yakni ketersediaan bunga segar yang tidak didapati di daerah setempat. Dia mendapat bunga segar tersebut harus mendatangkan dari luar pulau.

“Yang menjadi kendala saat ini di bunga segar. Kita harus memesan atau meorder dari luar pulau yaitu dari Kota Malang, Jawa Timur, karena dari daerah ini cepat pengirimannya, dan harga setangkai bunga berbagai varian relatif lebih murah dibanding daerah lain”, tutup Adi.(Red)

 


  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Periksa Juga

Kondisi Jalan Buntok-Asam Rusak Parah Sangat Dikeluhkan Warga

        Pengunjung : 801 Buntok, Betang.Tv  News, – Jalan Nasional atau jalan penghubung dari Buntok …