Bupati Terima Masukan dari Pansus DPRD Bartim Terkait LKPJ Tahun Anggaran 2020

  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Tamiang Layang, BetangTv News – Bupati Barito Timur (Bartim), Ampera AY Mebas SE, MM terima masukan dari tim Panitia khusus (Pansus) DPRD Bartim, terkait Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) kepala daerah Tahun anggaran 2020 pada Rapat Paripuna Istimewa I masa sidang III tahun sidang 2021, baru-baru ini.

Ketua Pansus LKPJ DPRD, Cilikman melalui juru bicara dari tim Pansus, Hadisantoso ST MM, Hj Rida Heriyadi dan H Parjono menyampaikan sejumlah harapan, catatan dan rekomendasi untuk dapat dievaluasi atas kekurangan maupun kinerja kepala daerah yang dinilai belum optimal.

Dalam penyampaian tim Pansus meminta agar kepala daerah jangan hanya mengandalkan Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Alokasi Umum (DAU) namun harus memperjuangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Diharapkan agar kepala daerah lebih meningkatkan dan memperjuangkan PAD ketimbang mengandalkan DAK dan DAU,” Hadisantoso.

Sementara Rida Heriyadi sangat menyayangkan bahwa ada beberapa target belum tercapai diantaranya di Dinas Pendidikan.

Begitu juga dengan penyampaian dari H Parjono yang mengharapkan terutama di Disnakertrans agar kedepan bisa memperhatikan hubungan Industrial atau Tripartit.

Parjono pun berharap kepada Badan Pertanahan Nasional (BPN) Bartim agar menata ruang agar tidak tumpang tidih lahan.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Bartim menerima masukan dan penyampaian dari hasil catatan dan rekomendasi Pansus DPRD Bartim dan meminta segera mengadakan rapat bersama pihak DPRD dengan melibatkan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk membahas kekurangan dari kinerja pemerintahan yang dinilai belum optimal.

Menurut Ampera, ada beberapa catatan maupun rekomendasi yang sudah dilakukan atau terealisasi walaupun ada juga yang sedang dalam proses pelaksanaan.

“Saya atas nama pemerintah daerah berterima kasih kepada DPRD Barito Timur dan Pansus yang menyampaikan beberapa catatan dan rekomendasi, dan nanti akan ditindaklanjuti pada rapat kerja,” ucap Ampera, Rabu (5/5/2021).

Orang nomor 1 di bumi yang berjuluk Gumi Jari Janang Kalalawah ini mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan perbaikan kedepannya antara penyelenggara pemerintah daerah secara bersama (eksekutif dan legislatif).

“Ada beberapa hal yang saya jawab terkait silpa maupun Bansos (Bantuan sosial). Kita juga meapresiasi terkait catatan dan rekomendasi yang disampaikan,” jelas Bupati Bartim.

Secara terpisah, Ketua DPRD Bartim, Nur Sulistio mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik dengan kehadiran Bupati pada rapat paripurna tersebut sehingga secara langsung dapat mendengar penyampaian dari Pansus yang membacakan catatan dan rekomendasi.

“Harapan kita semua tentunya, catatan dan rekomendasi Pansus itu menjadi bahan evaluasi masukan dan pertimbangan kedepan kepala daerah dalam mengelola kabupaten Barito Timur,” tutur Nur Sulistio.

Dirinya juga menyebutkan bahwa kekurangan yang belum terlaksana agar dapat ditingkatkan secara bersama baik yang belum maksimal dapat di optimalkan dengan tujuan Barito Timur lebih maju dan lebih baik lagi kedepannya.

“Setelah ini saya langsung sampaikan ke masing-masing komisi untuk melakukan rapat kerja dengan mitra-mitra mereka dengan OPD terkait dengan catatan dan rekom yang mungkin perlu segera ditindaklanjuti,” ungkapnya.

Nur Sulistio selaku pimpinan rapat tersebut akan terus berupaya mendorong dengan melaksanakan rapat kerja dan pengawasan pada penyelenggara pemerintahan.

“Bupati sudah mendengar dan melihat dan harapan kita semua menjadi bahan evaluasi dan pertimbangan untuk kemajuan kabupaten Barito Timur,” pungkasnya.(Rue/Red)


  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Periksa Juga

Bupati Cup I 2024 Resmi Dibuka Pj.Bupati Bartim

        Pengunjung : 446 Betangtv, Tamiang Layang, –  Acara Bupati Cup I 2024 diharapkan dapat …