Dandim 1012 Cek Kesiapan Pos PPKM Mikro Tiga Desa di Kecamatan Pematang Karau

  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Tamiang Layang, BetangTv News – Kunjungan Dandim 1012 Buntok Letkol Inf Dwi Tantomo sekaligus mengecek kesiapan Pos PPKM Mikro di tiga Desa yakni Desa Bambulung, Lampeong dan Desa Tumpung Ulung Kecamatan Pematang Karau Kabupaten Barito Timur (Bartim), Sabtu (24/7/2021).

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Kepala Pelaksana BPBD Damkar Bartim, Pabung 1012 Buntok, Kapolsek Pematang Karau serta Danramil 1012-06 Bambulung juga didampingi personel dan perangkat desa.

Pada kesempatan tersebut, Dandim mengatakan bahwa sebagai wakil Satgas Covid-19 Kabupaten, dia ingin melihat secara langsung kesiapan dari Pos PPKM Mikro karena pos tersebut merupakan garda terdepan menghadapi lonjakan kasus Covid-19 yang sangat tinggi dalam beberapa hari terakhir di tingkat nasional maupun daerah.

“Jadi kami ingin melihat langsung persiapan petugas di Pos PPKM Mikro baik tenaga kesehatan maupun unsur-unsur di desa,” tuturnya kepada wartawan di sela kegiatan pengecekan.

Menurutnya, sesuai hasil rapat bersama Bupati Bartim, Kapolres, kalaksa BPBD maupun kadinkes, diakui bahwa Bartim merupakan daerah transit atau lintasan dari Kalimantan Selatan menuju Kabupaten Murung Raya dan Barito Utara.

“Harapan kami kepada para perangkat posko baik itu dari pemdes, bhabinkamtibmas, babinsa danramil dan kapolsek terutama yang berada di jalan utama agar mengingatkan masyarakat jika ada orang yang mampir makan tetap harus mematuhi protokol kesehatan karena transmisi Covid-19 dari luar sangat tinggi,” jelas Dandim.

Lebih lanjut dikatakan Dandim, diketahui mobilisasi masyarakat yang tinggi menjadi faktor utama peningkatan kasus positif Covid-19.

Dirinya juga mengingatkan pemdes agar menyiapkan rumah isolasi bagi pasien Covid-19 tak bergejala agar tidak menulari anggota keluarga yang lain serta menekan laju penularan.

Kepada masyarakat Dandim menyampaikan, vaksinasi penting sehingga harus dilaksanakan, masyarakat harus mengikuti vaksinasi jika sudah dijadwalkan demi mengurangi resiko terpapar serta mengurangi resiko gejala yang berat jika terpapar.

“Saya mengingatkan bagi yang sudah mengikuti vaksinasi harapan kami agar tetap mematuhi protokol kesehatan, vaksin bukan penentu masyarakat aman dari Covid-19, intinya vaksin harus dan protokol kesehatan juga tetap harus dijalankan sesuai anjuran pemerintah,” tegasnya.

Pada kesempatan tersebut Dandim juga membagikan bingkisan pada setiap Pos PPKM Mikro yang dikunjunginya.

“Tadi saya mewakili Bupati dan Kapolres Barito Timur membagikan bingkisan berisi ransum yang biasa diterima oleh TNI Polri, bahan makanan dan masker, jangan sampai petugas di Pos PPKM Mikro sebagai garda terdepan tidak diperhatikan sehingga justru mereka yang terpapar,” pungkasnya.(Rue/Red)


  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Periksa Juga

Expo 2022 Bartim Resmi Dibuka Oleh Bupati

        Pengunjung : 87 Tamiang Layang, Betangtv  News  – Bupati Barito Timur, Dr. Ampera AY …