Bupati Berikan Kemudahan Ijin Untuk Investor Buka Usaha Karet di Bartim

  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Tamiang Layang, BetangTv News – Untuk investor yang ingin membuka peluang usaha di kabupaten Barito Timur (Bartim) akan dipermudah ijin usahanya bahkan fasilitas yang dibutuhkan investor pada komoditi karet.

Adapun peluang bagi pengusaha yang ingin berinvestasi dalam usaha karet di Bartim, sekarang tidak sesulit yang akan dirasakan investor. Selain dipermudah ijin dan sebagainya, alternatif lain yang dimiliki Bartim cukup memuaskan dengan adanya pelabuhan dan akses darat yang terjangkau.

Dijelaskan Bupati Bartim, Ampera AY Mebas, SE,MM saat melaksanakan kunjungan kerja dalam rangka study banding guna menggali potensi peningkatan mutu bahan olah karet rakyat (bokar) dan pemasaran hasil
di kota Pontianak, provinsi Kalimantan Barat, Jumat (11/02/2022) lalu.

Dari hasil peninjauan yang didapatkan Tim Ekonomi Kerakyatan setelah menyimak paparan dari kepala dinas perkebunan, juga penjelasan dari Unit Pengelolaan dan Pemasaran Bokar
(UPPB) Sambas dan melakukan peninjauan pabrik karet, guna mencapai tujuan harga karet bisa naik, dihasilkan 6 poin rencana yang akan dilakukan Pemkab Bartim.

Sejauh ini ada beberapa poin yang direncanakan Pemkab Bartim untuk menjalankan program ekonomi kerakyatan, yaitu;
1. Pembentukan UPPB,
2. UPBB MoU dengan perusahaan,
3. Bumdes, desa dan kecamatan yang memiliki pontesi karet, agar dapat mengelola pembelian karet,
4. Bumdes MoU dengan pabrik karet,
5. Pembinaan petani agar kuwalitas sesuai yang diharapkan,
6. Mengundang investor membuat pabrik di Bartim dan mempermudah ijin serta fasilitas usaha.

Orang nomor satu di bumi yang berjuluk Gumi Jari Janang Kalalawah ini mengatakan bahwa Pemkab Bartim akan mempermudah pihak investor menjalankan usaha di Bartim, baik dari kemudahan kelengkapan ijin maupun sarana yang digunakan dari lahan dan pelabuhan.

“Intinya pada kunjungan kerja ini adalah melihat potensi dalam peningkatan mutu bokar dan pemasaran hasil. Saya juga mengajak pengusaha atau investor untuk bekerjasama dengan Pemkab Bartim,” ungkap Bupati.

Selain itu, ada peluang yang menggiurkan bagi yang ingin berusaha karena sebagai Bank milik pemerintah daerah yang mempunyai visi misi dan berkomitmen mendukung program ekonomi kerakyatan yang dijalankan Pemerintah tentunya kehadiran Bank Kalteng Cabang Tamiang Layang siap memberikan pelayanan terbaik.

“Artinya ketika kita melihat masalah di daerah kita, kita coba hadir untuk memberikan solusi,” ucap Kepala Bank Kalteng cabang Tamiang Layang, Soleman, Senin (14/2/2022).

Sebagai orang kepercayaan dalam memimpin Bank Kalteng cabang Tamiang Layang. Dirinya menilai sejauh ini masalah tata niaga karet cukup kompleks dari hulu ke hilir, oleh karena itu Bank Kalteng berkomitmen untuk turut mengambil bagian dalam penyelesaian masalah tersebut.

“Terkait rencana pembentukan UPPB di setiap kecamatan maupun rencana mendatangkan investor untuk membangun pabrik, Bank Kalteng siap memberikan dukungan pinjaman pembiayaan,” ungkapnya.

Diteruskan Soleman, yang penting pengajuan dukungan pembiayaan sesuai dengan ketentuan perbankan, karena kita harus akui juga ada beberapa nasabah kita dalam usaha karet ini yang kreditnya bermasalah.

“Yang pasti kita ikut serta memberikan yang terbaik sesuai visi misi untuk membangun pertumbuhan ekonomi daerah,” tutup Soleman.(Jetry/Red)


  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Periksa Juga

Secara Rutin Bupati Bartim Ajak Masyarakat Bersepeda Santai

        Pengunjung : 670 Tamiang Layang, Betangtv News,  – Gelaran Gowes Bersama Bupati Barito Timur, …