Ini Pesan Bupati Bartim Pada Penyelenggaraan Festival Jajaka Nansarunai

  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Tamiang Layang, Betangtv News, – Begini pesan Bupati Barito Timur (Bartim) Provinsi Kalimantan Tengah, saat membuka pelaksanaan Festival Jajaka Nansarunai (Jari Janang Kalalawah) yang digelar dengan berbagai acara selama 3 hari kedepan.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Wakil Bupati Bartim, Habib Said Abdul Saleh, Ketua TP-PKK Bartim, Monita Mustika Dewi, Kepala Disbudparpora Bartim, Foto dan beberapa kepala OPD serta pimpinan perusahan selaku donatur dan para pengunjung, di halaman kantor Bupati, Sabtu (20/08/2022).

Dalam sambutannya, Bupati Bartim, Ampera AY Mebas,SE.,MM yang dibacakan oleh Wakil Bupati menyampaikan beberapa poin kepada semua pihak yang terkait dalam penyelenggaraan tersebut.

1. Kepada Panitia agar dapat melaksanakan kegiatan ini dengan baik,
dengan mengedepankan kebersamaan, baik antara panitia, para
peserta maupun dengan warga masyarakat sekitarnya.
2. Kepada Dewan Juri dan Wasit agar melakukan keputusan dan penilaian seadil-adilnya dan sejujur-jujurnya,
3. Demikian juga kepada para peserta agar mengikuti perlombaan
dengan mengedepankan rasa persatuan dan kesatuan serta tetap
menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas dan rasa kebersamaan
4. Kepada warga masyarakat dan penonton, marilah kita jaga keamanan dan ketertiban serta tetap mematuhi prokes untuk
keselamatan bersama.

Bupati juga menjelaskan bahwa Festival Budaya Nansarunai Jajaka Batim dilaksanakan setiap Tahun dan merupakan
agenda yang penyelenggaraannya
melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olah Raga Bartim.

“Kegiatan seperti ini dapat dinikmati
oleh masyarakat umum maupun khususnya masyarakat Barito Timur
dengan penyelenggaraannya kita arahkan di Tamiang Layang,” sebut Wabub seraya membacakan sambutan Bupati.

Menurutnya dengan adanya kegiatan Festival Budaya Nansarunai Jajaka ini ingin menggugah ingatan dan mengenalkan kembali berbagai Kebudayaan dan Kesenian yang pernah ada, tumbuh dan berkembang didaerah beberapa dasawarsa yang lalu.

“Kita ingin anak-anak
kita serta generasi muda pada umumnya, dapat kembali mencintai dan
menggemari berbagai kesenian dan permainan rakyat sebagai warisan
leluhur bangsa,” tuturnya.

Lebih lanjut dipaparkan Wabub, selain ingin membentengi anak-anak dan generasi muda kita dari berbagai pengaruh budaya yang negatif seraya menumbuhkan kecintaan terhadap Budaya sendiri.

Kegiatan Festival Budaya Nansarunai Jajaka ini
juga diharapkan menjadi salah satu Ajang Promosi Pariwisata Daerah dalam rangka memperkaya Atensi Pariwisata Nasional.

“Kita ingin kesenian dan permainan rakyat dapat menjadi salah satu atraksi dan daya tarik Wisata yang pada saatnya nanti tidak saja disenangi Wisatawan Nusantara tetapi juga disenangi Wisatawan Mancanegara,” harapnya.

Bupati juga berpesan dalam sambutannya kepada yang hadir dan kepada semua pihak yang punya kepedulian terhadap pengembangan Seni Budaya ini.

“Saya himbau marilah kita satukan langkah untuk secara bersama-sama memajukan Seni Budaya Daerah kita sebagai bagian Integral dari Pembangunan
Nasional. Keberhasilan kita dalam mengembangkan Seni Budaya akan sangat ditentukan oleh kepedulian dan kebersamaan kita, baik dari unsur pemerintah, swasta, dunia usaha, maupun masyarakat secara keseluruhan,” pesannya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati menyampaikan ucapan
terima kasih dan penghargaan yang tulus terutama kepada para peserta,serta semua pihak yang telah
membantu sehingga acara Pembukaan Festival Budaya Nansarunai Jajaka, Permainan Rakyat Bartim ini dapat terlaksana sesuai rencana dan waktu yang telah ditetapkan.

“Khusus kepada para peserta dari luar kota, saya ucapkan selamat
datang di Tamiang Layang dan selamat bertanding, semoga saudara – saudari mendapat hasil yang maksimal dalam berbagai lomba yang
saudara ikuti,” tutupnya.

Usai membacakan sambutan, kepada awak media, Wabub mengatakan terus mendukung penyelenggaraan kegiatan tersebut, dan mengharapkan agar kegiatan berjalan dengan baik dan semua pihak yang terlibat dalam keadaan sehat walafiat.

“Saya juga menghimbau agar semua pihak yang mengikuti proses pada kegiatan ini tetap menjaga protokol kesehatan, karena Bartim masih dilanda Covid-19,” pesan Wabub.

Sementara, Forty yang juga selaku ketua panitia penyelenggara mengatakan bahwa Festival Jajaka Nansarunai ini meliputi dari berbagai kegiatan yang bertujuan untuk menumbuhkan seni budaya lokal dan perlombaan yang terus ditingkatkan sampai di kancah internasional. (Jetry)


  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Periksa Juga

Bahas Infrastruktur, Pemko Gelar Bincang Santai Bersama Pj Walikota Palangka Raya

        Pengunjung : 387 Palangka Raya, Betang.Tv – Membahas tentang program-program serta perkembangan pembangunan infrastruktur …