374 Bintara Polri Dilantik  Kapolda Kalteng, 4 LulusanTerbaik Mendapat Penghargaan 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Pulang Pisau, Betang.Tv, – Kapolda Kalteng menjadi inspektur Upacara Pelantikan Bintara Lulusan Pendidikan Pembentukkan Bintara (Diktukba) Polri Gelombang II T.A 2023
Kamis, (21/2023) pukul 08:00 WIB.

Pelantikan bintara remaja tersebut, berlangsung di lapangan Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Polda Kalteng, Jalan Lintas Kuala Kurun-Palangka Raya, Desa Bukit Rawi Kec. Kahayan Tengah Kab. Pulang Pisau.

Sebanyak 374 bintara remaja dilantik Kapolda, setelah mengikuti Pendidikan Pembentukan Brigadir Polri selama 5 bulan di lembaga pendidikan SPN Polda Kalteng

Upacara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah diawali pemeriksaan pasukan, lalu dilanjutkan dengan pembacaan pernyataan penutupan. Selanjutnya penanggalan tanda siswa, pemasangan tanda pangkat efektif, penyerahan ijazah dan pemberian penghargaan kepada empat lulusan terbaik pada kategori Tertabah, Trengginas, Cendikia dan Teladan.

Prosesi itu dilakukan setelah dibacakan Keputusan Kapolri tentang Pengangkatan dan Penggajian Bintara Polri Lulusan Diktukba Polri Gelombang II T.A 2023. Pengambilan Sumpah kepada Bintara Lulusan SPN Polda Kalteng itu pun dilakukan dengan didampingi Rohaniawan.

Dalam amanatnya, Kapolda Kalteng Irjen Pol Drs. Djoko Poerwanto membacakan amanat Kalemdiklat Polri Komjen Pol. Drs. Purwadi Arianto, M.Si mengatakan bahwa pelantikan dan penutupan pendidikan ini bukan akhir dari perjalanan, akan tetapi awal dari pengabdian sebagai bhayangkara muda.

“Kalian akan berhadapan dengan dinamika tugas yang penuh dengan tantangan. Kalian harus mampu menempatkan diri dan beradaptasi dalam situasi apapun jangan mudah terbawa arus yang menjerumuskan,” tutur Kapolda dalam amanatnya.

Jadikan hari yang bersejarah ini sebagai langkah awal menuju tugas pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Sementara itu, Kabidhumas Polda Kalteng Kombes Pol Erlan Munaji, S.I.K., M.Si mengungkapkan, dalam pelaksanaan tugas nantinya, bintara remaja ini harus mampu menunjukkan kinerja yang baik serta disiplin yang tinggi.

“Kalemdiklat Polri tidak lupa mengucapkan selamat kepada para bintara remaja Polri yang telah berhasil menyelesaikan seluruh rangkaian pendidikan pembentukan selama 5 bulan di Lembaga Pendidikan Polri dengan baik, dan menghantarkan secara resmi pada hari ini dilantik menjadi anggota Polri,” tambah Kombes Erlan.

Dalam amanatnya, Kalemdiklat Polri memberikan 5 penekanan kepada Bintara Remaja yang baru dilantik, yaitu :

1. Tingkatkan selalu keimanan dan ketakwaan kepada tuhan yang maha esa sebagai pedoman dalam kehidupan dan pelaksanaan tugas;
2. Pegang teguh dan amalkan nilai-nilai Tribrata dan Catur Prasetya, dalam setiap langkah pengabdian sebagai insan Bhayangkara. Jaga nama baik Polri dan junjung tinggi panji-panji Tribrata;
3. Senantiasa bangun komunikasi positif dan santun dengan masyarakat,serta perkuat sinergi dan soliditas dengan rekan-rekan TNI, Pemerintah Daerah, serta seluruh komponen bangsa lainnya guna memelihara stabilitas kamtibmas yang kondusif;
4. Tingkatkan selalu kemampuan dan pengetahuan untuk mengembangkan diri agar tidak tertinggal oleh perkembangan situasi dan kondisi saat ini dan yang akan datang;
5. Polisi adalah kita, kita adalah Polisi, maka jadilah sosok panutan dan teladan serta selalu dan sslalu lindungi dan layani masyarakat dengan sepenuh hati.

Usai pelaksanaan upacara, dilanjutkan dengan tarian kreasi Adat Dayak dan Bali kemudian bongkar pasang senjata dengan mata tertutup , senam lantas, Beladiri Polri serta yel-yel untuk penutup peragaan. RLS_ (Elshanum32/sam)


  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Periksa Juga

Tugboat Dan Kapal Dagang Terbakar di DAS Barito, Sejumlah ABK Alami Luka Bakar

        Pengunjung : 702 Buntok, Betang.Tv – Sebuah kapal penarik (tugboat) meledak kemudian terbakar bersama …