Ketersedian Air Bersih Di Puskesmas Rusunawa Berdampak Pada Pelayanan

  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Tamiang Layang, BetangTV News, – Sikapi keluhan warga terkait minimnya fasilitas Puskesmas sementara di Rusunawa, diketahui kurangnya ketersediaan air bersih yang menjadi kebutuhan utama pada pelayanan kesehatan di ruang publik menjadi penanganan yang perlu respon cepat dari pemerintah daerah.

Di lokasi tersebut diperoleh keterangan dari kepala Puskesmas Edison Jaar, Ringkai mengatakan fasilitas yang kurang memadai di Puskesmas Rusunawa adalah ketersedian air bersih untuk cuci tangan dan buang air besar.

“Selama ini keberadaan Puskesmas Rusunawa banyak yang tidak diketahui oleh warga, walaupun kita sudah memberitahukan kepada masyarakat, tapi tidak semua masyarakat tahu ada pelayanan disini,” ucapnya menjelaskan di halaman Puskesmas Rusunawa, Kamis (17/03/2022).

Adapun keluhan masyarakat terkait fasilitas dari keterbatasan air bersih, Ringkai akui bahwa di Puskesmas Rusunawa sering kali kekurangan air bersih, namun bukan kekurangan pelayanan yang tidak maksimal.

“Ketidaktahuan masyarakat dengan keberadaan Puskesmas disini juga menjadi kendala pelayanan. Terkait air bersih disini juga kadang-kadang tidak jalan, dan kalau kita mengharapkan antaran air dari dinas PUPR juga tidak rutin dan itulah kendala air disini,” ungkap Ringkai.

Pada kesempatan tersebut, Ringkai juga berharap agar pihak yang berwenang dapat merespon kendala yang dialami terkait pelayanan Puskesmas dan meminta agar lebih cepat menggunakan pelayanan Puskesmas ketempat awal yang belum lama ini rampung karena sebelumnya dilakukan perehapan.

“Kita mengharapkan pelayanan kita dikembalikan ke Puskesmas yang baru direhap, karena fasilitasnya sekarang sudah memadai sehingga kita bisa melayani masyarakat lebih maksimal,” pinta Ringkai.

Dirinya menambahkan bahwa pihak Puskesmas Edison Jaar sudah berkoordinasi dengan dinas kesehatan yang menangani hal tersebut terkait pemindahan Puskesmas ketempat semula namun belum ada kepastian.

Sementara, ditempat berbeda saat awak media konfirmasi pemerintah desa Jaar, Enjer Aprianto selaku Sekretaris desa Jaar berharap pemerintah daerah dapat meresmikan Puskesmas Edison Jaar agar dapat mempermudah pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara khusus desa Jaar, Kecamatan Dusun Timur, kabupaten Barito Timur. Provinsi Kalimantan Tengah.

“Saat Puskesmas di Rusunawa, dan ada keluhan terkait air bersih, maka karena itu menyangkut fasilitas utama terkait kesehatan mempengaruhi pelayanan sehingga diharapkan dinas PUPR lebih memperhatikan,” ujar Enjer.

Dirinya juga mengharapkan agar Puskesmas Edison Jaar difungsikan kembali secepatnya, mengingat masyarakat juga membutuhkan pelayanan yang maksimal.

“Masyarakat dan tentunya warga kita menginginkan agar bisa kembali ditempati, mengingat bangunan yang ada sudah selesai,” pungkasnya. (Jetry/Red)


  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •  

Periksa Juga

Secara Rutin Bupati Bartim Ajak Masyarakat Bersepeda Santai

        Pengunjung : 673 Tamiang Layang, Betangtv News,  – Gelaran Gowes Bersama Bupati Barito Timur, …